ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TENTANG SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Authors

  • Nurhikmah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35886/imagine.v4i2.1273

Keywords:

Kebijakan Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Infrastruktur Teknologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan yang mendasari implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) di Indonesia serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang muncul dalam penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur seperti buku, artikel ilmiah, dan dokumen kebijakan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kebijakan pendidikan di Indonesia sudah mendukung penerapan teknologi informasi, implementasi SIMP di lapangan masih menghadapi sejumlah kendala. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya kompetensi sumber daya manusia dalam mengoperasikan SIMP, dan keterbatasan anggaran sekolah untuk mendukung penerapan sistem ini. Selain itu, ada kesenjangan signifikan dalam akses dan penggunaan teknologi antara sekolah-sekolah di perkotaan dan pedesaan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan infrastruktur teknologi, peningkatan pelatihan bagi guru dan tenaga administrasi, serta peningkatan alokasi anggaran khusus untuk SIMP. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga non-pemerintah juga diperlukan untuk mendukung percepatan implementasi SIMP di seluruh sekolah di Indonesia. Dengan kebijakan yang lebih inklusif dan strategi implementasi yang efektif, SIMP dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan di Indonesia.

 

References

Anugrah, R., Nugroho, D., & Nuche, A. (2024). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dalam Pembentukan Kinerja Organisasi Bisnis di Indonesia. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 134–141. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.480

Azrafiandi, M., & Agustin, H. (2023). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simp) Dalam Pengambilan Keputusan Di Sma It Soeman Hs Pekanbaru. Journal.Uir.Ac.Id, 17–29. https://journal.uir.ac.id/index.php/jima/article/view/12752%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/jima/article/download/12752/5207

Balisa, D., Leffia, A., & Shino, Y. (2024). Memanfaatkan Fungsi Sistem Informasi Manajemen: Prospek dan Tantangan di Dunia Bisnis. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 123–133. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.452

Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 64–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.444

Istikayani, A. (2024). Signifikansi Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Profesional Guru, dan Peran Komite terhadap Mutu Pendidikan di SMp Negeri Se-Kecamatan Ponogoro. In Institut Agama Islam Negeri Ponogoro (Vol. 15, Issue 1).

Juvent Ade Pratama, & Rayyan Firdaus. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(4), 149–160. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i4.158

Nurhikmah, Mariati, Nursalam, S. R. (2024). What Are the Management Strategies for Developing Educators in Schools ? Al-Aghniya: Journal of Syariah Business Management, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.58988/aghniya.v1i1.363

Nurhikmah, Nursalam, N. I. P. (2024). Transformasi Pendidikan di Abad 21: Integrasi Teknologi dan Pembelajaran Inovatif melalui Media PhET Simulasi. Prosiding Semina Nasional Sananta Dharma Berbagi (USDB), 2, 619–630. https://e-conf.usd.ac.id/index.php/usdb

Nurhikmah. (2021). Educational Management Functions: Planning, Organizing, Actuating, Controlling. INTIHA: Islamic Education Journal, 1(2). https://jurnal.staidaf.ac.id/index.php/intiha/article/view/293

Nursalam, Mustofa, I., & Nurhikmah. (2019). Wacana Politik Spanduk Miilenial Road Safety Festival: Analisis Wacana Kritis Nourman Fairlough (Political Discourse of Milenial Road Safety Festival: Nourman Fairlough’s Critical Discourse Analysis). Totobuang, 7, 185–197.

Prasetya, A., Chotimah, C., & Fitri, A. Z. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Kompetisi Bisnis. Educatio, 18(1), 32–49. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12538

Reski, I. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Tentang Pendidikan Anti. Prodi MPI, IAIN Bone, 2(2), 4–12.

Rohman, A. A., Nugroho, R. A., & Mufliq, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Menggunakan Metode Agile. Nusantara Computer and Design Review, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1072

Rosdiana, Muhammad Yaumi, Nurhikmah, & Suharti. (2022). Analysis of the Values of Character Education in the Thematic Textbook VII “Events in Life” For Class v Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 199–216. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i2a7.20

Shobri, M. (2024). Peran Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas di Lembaga Pendidikan Islam. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 78–88. https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.302

Supriatna, D., Patimah, S., Warisno, A., Hidayati Murtafiah, N., Islam An Nur Lampung, U., Pesantren, J., Jati Agung, K., Lampung Selatan, K., Raden Intan Lampung, U., Endro Suratmin, J., Sukarame, K., & Bandar Lampung, K. (2024). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sistem Informasi Manajemen. Journal on Education, 06(02), 14920–14927.

Ulandari, T. (2024). Penerapan Sitem Informasi Manajemen Pendidikan pada Pondok Pesantren Al-Azhaar Lubuklinggau. In Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup (Vol. 15, Issue 1).

Yuliyanti, Ri. (2024). Manajemen Strategi pada Ketatalaksanaan dan Sistem Informasi Manajemen sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 37–48.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TENTANG SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN . (2025). Jurnal Imagine, 4(2), 69-76. https://doi.org/10.35886/imagine.v4i2.1273