EFEKTIVITAS PEMASARAN DIGITAL PADA BANK SYARIAH DIINDONESIA

Authors

  • Gita Putri Oktaviani Universitas Islam Negeri Raden Intan lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35886/imagine.v5i1.1284

Keywords:

Efektivitas, Strategi Pemasaran, Digital Banking

Abstract

Penelitian ini meneliti efektivitas strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh bank syariah di Indonesia. Dengan meningkatnya penggunaan internet dan media sosial, bank syariah mengadopsi pemasaran digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas secara efisien. Pemasaran digital memungkinkan bank untuk tidak hanya mengurangi biaya, tetapi juga memantau efektivitas kampanye secara real-time, sehingga penyesuaian dapat dilakukan dengan cepat. Penelitian ini menunjukkan bahwa konten kreatif, khususnya di platform seperti Instagram, berhasil menarik generasi muda, yang merupakan demografi penting bagi bank syariah. Selain itu, kerjasama dengan perusahaan fintech menawarkan peluang untuk memperluas jangkauan pasar lebih lanjut. Meskipun demikian, tantangan masih ada, seperti memastikan pengalaman digital yang aman dan mudah digunakan untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital telah berdampak positif pada penetrasi pasar dan kualitas layanan bank syariah. Inovasi konten dan pengembangan strategi lebih lanjut penting untuk pertumbuhan jangka panjang di sektor perbankan syariah. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai dampak jangka panjang strategi ini terhadap perkembangan sektor perbankan syariah.

References

Aini, Hajjatul, Nurul Hak, dan Yenti Sumarni. “Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Era Society 5 . 0 ( Studi Kasus PT Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S Parman )” 8, no. 2 (2024): 1344–53. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1786.

Bank Syariah Indonesia. “Visi dan Misi Perbankan Syariah,” n.d. https://ir.bankbsi.co.id/vision_mission.html.

Journal, Communnity Development, Angga Hamka, M Yusuf Firmansyah, Media Sosial, Pemasaran Langsung, dan Jumlah Nasabah. “EVALUASI EFEKTIVITAS SEMINAR DAN PROMOSI MEDIA” 5, no. 4 (2024): 7276–81.

OJK. “Sejarah perbankan Syariah,” n.d. https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Sejarah-Perbankan-Syariah.aspx#.

Sari, Dela Novita, dan Muhammad Iqbal Fasa. “Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia.” Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) 4, no. 1 (2023): 1–10. https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.936.

SHELEMO, ASMAMAW ALEMAYEHU. “Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Menabung Pada Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Binjai Kota).” Nucl. Phys. 13, no. 1 (2023): 104–16.

Sudarta. “Pemasaran dan Sumber Hukumnya” 16, no. 1 (2022): 1–23.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. “Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bojonegoro.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Vanni, Kartika Marella, dan Viki Safirotu Nadan. “Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Banking Bank Syariah Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) 3, no. 2 (2023): 237–48. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i2.197.

Wulandari, D. “Pemasaran Produk Bank Syariah di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (2023): 3085–92.

Yudhira, Ahmad. “Dinamika Perkembangan Bank Syariah di Indonesia: Analisis Komprehensif.” Jurnal Syiar-Syiar 3, no. 2 (2023): 34–45. https://doi.org/10.36490/syiar.v3i2.1074.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

EFEKTIVITAS PEMASARAN DIGITAL PADA BANK SYARIAH DIINDONESIA. (2025). Jurnal Imagine, 5(1), 28-36. https://doi.org/10.35886/imagine.v5i1.1284