PELUANG BISNIS MULTI LEVEL MARKETING DIMASA PANDEMI COVID 19

(STUDI KASUS: PT ORINDO ALAM AYU)

  • Putu Astri Lestari Institut Desain & Bisnis Bali
Keywords: covid 19, bisnis, multi level marketing

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang sangat besar kepada kehidupan masyarakat terutama nya bagi pelaku usaha bisnis. Meningkatnya jumlah kasus Covid 19 menyebabkan pemerintak lebih memperketat ruang gerak masyarakat, terutama nya dalam hal beraktivitas. Sehingga banyak perusahaan yang merumahkan bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan nya. Segala bentuk lapangan usaha mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 2,07% di tahun 2020. Hal ini menyebabkan masyarakat berupaya melakoni usaha lain misalnya bergabung kedalam bisnis MLM. Salah satu bisnis MLM yang dikenal dimasyarakat adalah bisnis Oriflame. Melalui metode deskriptif eksploratif, informasi umum yang berkaitan dengan bisnis MLM dimasa pandemi dikumpulkan. Lebih lanjut, studi kasus dilakukan melalui artikel terkait bisnis MLM dimasa pandemi melalui website maupun social media untuk diobservasi. Hasilnya, walaupun pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan, bisnis Oriflame mengalami peningkatan anggota dan juga peningkatan pencapaian leader nya dalam success plan oriflame.

References

[1] Peter J. Cloither, Meraup Uang dengan Multilevel Marketing : Pedoman Praktis Menuju Network Selling yang Sukses, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1994
[2] Marimin A, Romdhoni AH, Fitria TN. Bisnis Multi Level Marketing (MLM) dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 2016 Jul 29;2(02).
[3] Arnoldi, F., 2020. Rancang Bangun Aplikasi Bisnis MLM Berbasis Andorid untuk PT Kreasi Lima Pilar Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Matana).
[4] Kuncoro, A. T. (2021). Konsep Bisnis Multilevel Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Syari'ah. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 45(119), 21-36.
[5] https://www.apli.or.id/pages/tentang-kami, [1 April 2021]
[6]https://www.cnnindonesia.com/tv/20201102204948-407-565103/video-peluang-mlm-di-masa-pandemi (diakses pada 1 April 2021)
[7] https://finance.detik.com/moneter/d-5228765/bisnis-mlm-marak-di-tengah-pandemi-ada-apa, (diakses 1 April 2021)
[8] https://ajaib.co.id/inilah-ciri-mlm-multi-level-marketing-yang-terpercaya/ (diakses 15 April 2021)
[9] https://www.facebook.com/pg/VihdzaOriflame/photos/ (diakses 19 April 2021)
[10] https://id.oriflame.com/ (diakses 30 Maret 2021)
[11] https://id.oriflame.com/products/digital-catalogue-current?pageNumber=1&store=astri&catalogue=2021004 (diakses 10 April 2021
[12] https://web.facebook.com/AkuOriflameOfficial/photos/pcb.803486303825968/803485320492733 (diakses 30 Maret 2021)
[13] https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html (diakses 30 Maret 2021)
[14 https://www.instagram.com/akuoriflameofficial/ (diakses 31 Maret 2021)
Published
2021-04-21
How to Cite
Lestari, P. A. (2021). PELUANG BISNIS MULTI LEVEL MARKETING DIMASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Imagine, 1(1), 38-43. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i1.184