PRINSIP & CONTOH APLIKASI ONLINE ADVERTISING PROGRAM

(STUDI KASUS: ZALORA)

  • Susi Hartanto Pelita Harapan University
Keywords: iklan, online, zalora

Abstract

Sebagai salah satu platform khusus fesyen terbesar di indonesia, tentunya banyak merek dan produk yang dijual dalam Zalora. Artikel ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang disusun dari data internal Zalora 2020-2022, berikut studi pribadi atas laman Zalora versi aplikasi, desktop, maupun mobile web. Artikel ini bertujuan memberikan pemahaman jenis, letak, dan budget yang diperlukan untuk memanfaatkan berbagai tipe online advertising yang bisa digunakan untuk meningkatkan awareness dan penjualan.

References

[1] Bayles, M. E. (2002, April). Designing online banner advertisements: Should we animate?. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 363-366).
[2] Briggs, R., & Hollis, N. (1997). Advertising on the web: Is there response before click-through?. Journal of Advertising research, 37(2), 33-46.
[3] Robinson, H., Wysocka, A., & Hand, C. (2007). Internet advertising effectiveness: the effect of design on click-through rates for banner ads. International journal of advertising, 26(4), 527-541.
[4] Yoo, C. Y., Kim, K., & Stout, P. A. (2004). Assessing the effects of animation in online banner advertising: Hierarchy of effects model. Journal of interactive advertising, 4(2), 49-60.
[5] Data internal Zalora Indonesia, 2020-2022
[6] Website UI Creative. “Website UI Creative”. Internet: https://uicreative.net/products/category/web-elements/web-banner, 13 September, 2022 [13 September, 2022]
[7] Zalora Indonesia Desktop. “Zalora Indonesia Versi Desktop”. Internet: https://www.zalora.co.id/women/?utm_source=Google&utm_medium=cpc&utm_campaign=SEM_Products&utm_id=+16896690671&utm_term=gclid&utm_content=zalorardsa&gclid=CjwKCAjwsfuYBhAZEiwA5a6CDK6_lAj35BnnbIVkKyKtbsXlQ-jZGAbMJh0etqJskcWf6OrotR_wHxoCq0kQAvD_BwE, 13 September, 2022 [13 September, 2022]
[8] Zalora Indonesia App. “Zalora Indonesia Versi Aplikasi”. Internet: https://www.zalora.co.id/mobile-apps/, 13 September, 2022 [13 September, 2022]
Published
2022-12-22
How to Cite
Hartanto, S. (2022). PRINSIP & CONTOH APLIKASI ONLINE ADVERTISING PROGRAM. Jurnal Imagine, 2(2), 41-47. https://doi.org/10.35886/imagine.v2i2.449