KEPUASAN KERJA: PENGARUHNYA DALAM ORGANISASI

TINJAUAN TEORITIS DAN EMPIRIS

  • Ni Kadek Suryani IDB Bali
Keywords: kepuasan kerja, kinerja organisasi, teori kepuasan kerja, pengukuran kepuasan kerja

Abstract

Kepuasan kerja merupakan keadaan emosional seseorang tentang situasi sekitarnya dan memberikan reaksi senang maupun tidak senang. Masalah ini tergolong penting baik bagi praktisi maupun bidang akademis khususnya penelitian terkait psikologi, sosiologi dan manajemen sumber daya manusia. Kepuasan kerja sangat berkaitan erat dengan kinerja dan kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh seorang karyawan sebagai penentu dalam keberhasilan suatu organisasi. Tinjauan teori ini bertujuan untuk membantu dan berpatisipasi dalam memberikan informasi terkait kepuasan kerja karyawan, faktor-faktor penyebabnya juga pengaruhnya terhadap keberhasilan organisasi. Juga menguraikan hasil-hasil penelitian terkait kepuasan kerja karyawan, teori pendukung disamping juga memberikan gambaran dalam memilih metode penilaian kepuasan karyawan dalam organisasi dan alat pengukurannya. Kepuasan karyawan memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah organisasi, sehingga organisasi diharapkan sadar akan pentingnya kepuasan kerja bagi karyawan mereka dalam mendorong peningkatan kinerja karyawan dan kinerja organisasi.

References

Ali, M., Idris, A., dan Kalalinggi, R. 2013. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada badan ketahanan pangan dan pelaksana penyuluhan daerah kota samarinda. eJournal Administrative Reform, 2013, 1(2), 418–430.

Aziiri Brikend. 2011. Job Satisfaction: a Literature Review, Management Research and Practice Vol. 3 Issue 4 (2011) pp : 77 – 86

Barbara A. Sypniewska. 2014. Evaluation of Factors Influencing Job Satisfaction, Contemporary Economics Vol. 8 Issue 1, 2014 pp : 57-72

Dr. P. K. Mishra. 2013. Job Satisfaction, IOSR Journal Of Humanities And Social Science Volume 14, Issue 5 (Sep. - Oct. 2013), pp : 45-54

Ellickson, M.C., dan Logsdon, K. 2002. Determinants of Job Satisfaction of Municipal Government Employees, Public Personnel Management, Vol. 31 (3), pp : 343-358

Hella, M.A. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kualitas Pelayanan Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Bali. Thesis. Program Pasca Sarjana Universitas Udayana

Ilham Dahir Sheikh Mohamoud. 2009. The role of work motivation on employee performance., Master’s thesis. Universiti Utara Malaysia, Kedah

Jitendra Kumar Singh dan Dr. Mini Jain, 2013, a Study of Employees’ Job Satisfaction and Its Impact on Their Performance, Journal of Indian Research, Vol.1, No.4, October-December, 2013, pp : 105 – 111

Luthan, Fred. 2006. Perilaku Organisasi Edisi 10, Yogyakarta, Andi, hal : 280

Meithiana Indrasari, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karywan, Tinjauan dari Dimensi iklim Organisasi, Kreativitas dan Karakteristik Pekerjaan, 2017, Indomedia Pustaka

Munandar, A.S. 2004. Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Unjuk Kerja Perusahaan, Jakarta: Fak. Psikologi Univ. Indonesia

Mosammod Mahamuda Parvin dan M. M. Nurul Kabir, 2011, Faktor Affecting Employee Job Satisfaction of Pharmaceutical Sector, Australian Journal of Business and Management Research Vol. 1 No. 9, Desember-2011, pp : 113 - 123

Robbins S.P, 2003, Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi, Jilid I, PT. Prehalindo Persada, Jakarta

Robbins S.P. and Judge T.A. 2011. “Organizational Behavior Fourteenth Edition”, New Jersey: Prentince Hall

Rue, L.W. dan Byars, L. 2003. Management, Skills and Application, 10 ed., McGraw-Hill/Irwin, New York, pp : 259

Sarmawa, Suryani, dan Riana. 2015. Commitment and Competency as an Organizational Citizenship Behavior Predictor and Its Effects to the Performance (a study of Private Vocational High School in Klungkung Regency Bali Indonesia), International Journal of Economics, Commerce and Management (IJECM), Vol III Issue 1, pp : 1 – 13

Sharma R.A. and Chandra S.S., 2004, Advanced Industrial Psychology, New Delhi: Nice Printing Press.

Sunyoto, Danang, 2012, Teori, Kuesioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (praktik penelitian), Jagakarsa, Buku Seru, hal: 12

Suryani, Ni Kadek dan John Foeh, 2018. Kinerja Organisasi, Jogjakarta Deepublish Publisher, hal : 60 – 61

Suryani, Ni Kadek dan John E.H.J. Foeh, 2019, Impact of Organizational Justice on Organizational Performance in the Hospitality Industry, Journal of Engineering and Applied Sciences, Volume:14, Issue:12, pp: 4124 - 4131

Vidal, M.E.S., Valle, R.S. dan Aragón, B.M.I, 2007. Antecedents of Repatriates’ Job Satisfaction and Tts Influence on Turnover Intentions: Evidence from Spanish Repatriated Managers. J. Bus. Res., Vol. 60 pp : 1272 – 1281

Yusuf, T. 2010. Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Motivasi Kerja, dan Komitmen Karyawan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan PDAM Kota Balikpapan. Disertasi, Program Doktoral. Tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Published
2022-12-30
How to Cite
Suryani, N. K. (2022). KEPUASAN KERJA: PENGARUHNYA DALAM ORGANISASI. Jurnal Imagine, 2(2), 71-77. https://doi.org/10.35886/imagine.v2i2.491