Relevansi Antara Loyalitas Karyawan dan Bekerja Lebih dari Jam Kantor

Authors

  • Lela Lestari Universitas Diponegoro
  • Nurun Nahdliyyatil Himmah
  • Athoillah Athoillah

DOI:

https://doi.org/10.35886/imagine.v3i1.576

Keywords:

Loyalitas Karyawan, Jam Kantor

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena karyawan Departemen General Service di PT XYZ yang memiliki kebiasaan bekerja lebih dari jam kantor. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah empat orang yang merupakan karyawan Departemen General Service di PT XYZ. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja lebih dari jam kantor menganggap bahwa itu merupakan bentuk dari loyalitas kerja. Aktivitas yang dilakukan karyawan ketika bekerja lebih dari jam kantor yaitu melanjutkan atau menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda. Faktor – faktor penyebab karyawan bekerja lebih dari jam kantor yaitu adanya tambahan pekerjaan yang bersifat mendesak, adanya permintaan dari atasan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan di hari itu juga, adanya permintaan support dari departemen lain ketika mendekati jam pulang kerja, terdapat sesama rekan kerja yang tetap bekerja meski jam kerja telah usai, serta keinginan pribadi untuk tetap melanjutkan menyelasaikan pekerjaan.

References

[1] H. Widhiastuti, Membangun Loyalitas Sumber Daya Manusia. Semarang: Semarang University Press, 2013.
[2] O. Onsardi, “Loyalitas Karyawan pada Universitas Swasta di Kota Bengkulu,” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), vol. 2, no. 1, pp. 1–13, Nov. 2018, doi: 10.31539/costing.v2i1.326.
[3] R. M. Steers and L. W. Porter, Motivation and Work Behavior, 3rd ed. New York: McGraw-Hil, 2007.
[4] M. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
[5] T. Sudimin, “Whistleblowing: Dilema Loyalitas dan Tanggung Jawab Publik,” Manajemen & Usahawan Indonesia, vol. 32, no. 11, pp. 3–8, 2003.
[6] G. Dessler, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat, 2015.
[7] S. Sastrohadawiryo, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
[8] S. Sopiah, Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
[10] M. J. Maynes, J. L. Pierce, and B. Laslett, Telling Stories. Cornell University Press, 2011.

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Lestari, L., Himmah, N. N., & Athoillah, A. (2023). Relevansi Antara Loyalitas Karyawan dan Bekerja Lebih dari Jam Kantor. Jurnal Imagine, 3(1), 36–40. https://doi.org/10.35886/imagine.v3i1.576