EKSPLORASI HUBUNGAN LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

  • Cici Widya Prasetyandari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Keywords: Kata Kunci: leverage, ukuran perusahan, profitabilitas, nilai perusahaan

Abstract

Persaingan bisnis yang kian sengit menuntut perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan tekhnologi yang ada guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan nilai perusahaan. tujuan utama perusahaan adalah memaksimumkan laba dan nilai perusahaan. Pengukuran nilai perusahaan digunakan sebagai indikator keberhasilan perusahaan karena dengan meningkatnya nilai perusahaan berarti meningkat pula kemakmuran para pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Metode yang digunakan adalah literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas mempengaruhi nilai perusahaan.

References

[1] Amin Wijoyo. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Proferty dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi. Volum XXIII. No. 01, 2018.
[2] Annisa Nuradawiyah dan Susi Susilawati. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45). JURNAL AKUNTANSI, Vol. 9, No. 2. Hal 218-232. https://doi.org/10.37932/ja.v9i2.154
[3] Brigham, E F., dan Houston, J F., 2013, Dasar – dasar manajemen keuangan, edisi kesebelas, salemba empat, Jakarta
[4] Brigham, Eugene F. Dan J.F. Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
[5] Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
[6] Hartono, Jogiyanto. 2016. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. 10th ed. Yogyakarta: BPFE UGM.
[7] Hartono,Jogiyanto.2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh.Yogyakarta
[8] Hery. 2017. Auditing dan Asurans. Jakarta. Grasindo.
[9] Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[10] ______. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[11] ______. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Kedua belas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
[12] Kholis, Nur., Sumarwati, Eka Dewi., & Mutmainah, Hestin. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16 (1), 19-25.
[13] LUSIANA, DEWI, and DEWI AGUSTINA. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Non Keuangan”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 19 (1), 81-91. https://doi.org/10.34208/jba.v19i1.67
[14] Mahpudin, Endang dan Suparno, 2016, “Faktor Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”, JRKA Volume 2 Isue 2, hal. 56-75. Maryam, Siti. (2014). Analisis pengaruh firm size, growth, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia). Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Hasanudin : Makassar.
[15] Muhammad Istan. 2021. Pengaruh Kebijakan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. Vol 4 No 5. Hal 895-911.
[16] Nanang Ari Utomo. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Indeks Lq45 Di Bursa Efek Indonesia. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol. 5, No. 1. Hal: 82- 94.
[17] Prasetyandari, C. W. (2021). Hubungan Sales Growth dan Nilai Perusahaan Serta Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.36835/iqtishodiyah.v7i1.382
[18] Prasetyandari, Cici Widya. Kajian Teoritis Hubungan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Junal Ekonomi Dan Bisnis. Vol 1. No 1. Hal 33-38, 2022.
[19] Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRAITH-HUMANIORA, 2(1), 69-76.
[20] Sembiring, Selvi, and Ita Trisnawati. 2020. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 21 (1a-2), 173-84. https://doi.org/10.34208/jba.v21i1a-2.754.
[21] Snyder, H. Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, pp.333-339, 2019.
Published
2023-12-22
How to Cite
Prasetyandari, C. (2023). EKSPLORASI HUBUNGAN LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Imagine, 3(2), 97-103. https://doi.org/10.35886/imagine.v3i2.739