KAJIAN PENGARUH PERIKLANAN KOMUNIKASI VISUAL MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP DAYA TARIK KONSUMEN RESTORAN DI CANGGU, BALI

  • I Gusti Agung Ayu Widiari Widyaswari IDB BALI
  • Made Vairagya Yogantari
  • Agung Eko Dhananjaya
Keywords: Periklanan Komunikasi Visual, Media Sosial, Restoran

Abstract

Periklanan sebagai porsi kecil dari proses pemasaran memiliki peranan yang besar dalam penjualan sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu, studi mengenai periklanan sangat diperlukan dalam kegiatan pemasaran sebagai langkah awal pengembangan strategi penjualan yang efektif . Saat ini, media baru seperti media sosial banyak digunakan dalam periklanan. Bidang usaha yang menawarkan produk atau jasa nya melalui media sosial saat ini dapat dikatakan sangat variatif. Mulai dari produk fashion, arsitektur dan desain, restoran, hingga event musik. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana pengaruh periklanan komunikasi visual melalui media sosial terhadap daya tarik konsumen ke sebuah restoran. Penelitian ini akan melihat seberapa besar dampak konten periklanan yang di unggah di media sosial oleh penyedia produk atau jasa dalam hal ini adalah restoran terhadap alasan kedatangan konsumen. Penelitian ini juga akan mempertimbangkan beberapa faktor seperti gaya hidup dan usia dari konsumen sebagai pengguna media sosial. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif ini maka penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain diawali dengan melakukan observasi di daerah penelitian yaitu beberapa restoran di desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Tahap berikutnya adalah melakukan wawancara pada pengelola restoran Oldmans, La Laguna, La Brisa, dan Parachute Bali. Serta pada tahapan selanjutnya mengukur pengaruh kedatangan konsumen berdasarkan data yang diperoleh dan skala pengukuran berdasarkan hasil kuisioner kepada para konsumen yang menjadi responden. Hasil penelitian yang diharapkan adalah agar memberikan gambaran tentang bagaimana peranan media sosial sebagai media baru dalam periklanan komunikasi visual,  serta untuk mengetahui efektifitas konten di media sosial terhadap daya tarik kunjungan dari para responden ke sebuah restoran.

References

[1] Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi pemasaran. Jakarta : Erlangga
[2] Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
[3] Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.
[4] Marsum, A.W. 2005. Restoran dan segala permasalahannya edisi IV. Yogayakarta : Andi
[5] Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[6] Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku konsumen Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia
[7] Sheahan, Peter. 2006. Generation Y. Australia : Hardie Grant Books.
[8] Terence. A. Shimp. 2014. Komunikasi pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.
[9] Moriarty, Sandra, 2014, ‘Advertising :Principles and Practices’, Australia : Pearson

[10] _____________,’Consumer Behaviour’ https://www.omniconvert.com/blog/consumer-behavior-in-marketing-patterns-types-segmentation.html access July,4, 2020
Published
2021-05-02
How to Cite
Widyaswari, I. G. A., Yogantari, M., & Dhananjaya, A. (2021). KAJIAN PENGARUH PERIKLANAN KOMUNIKASI VISUAL MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP DAYA TARIK KONSUMEN RESTORAN DI CANGGU, BALI. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 23-32. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i1.162