REPRESENTASI RASA AMAN PADA VISUAL IKLAN GOPAY JAMINAN SALDO KEMBALI (ANALISA SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi rasa aman yang ditampilkan pada visual iklan “Gopay jaminan saldo kembali”. Penelitian inimenggunakan paradigm kontruktivisme, pendekatan melalui kualitatif dengan observasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian melakukan analisis tanda yang berhubungan dengan rasa aman menggunakan teori analisa semiotika Charles Sanders Pierce yang berfokus pada tiga elemen utamanya yaitu tanda, objek, dan interpretasi. Berdasarkan hasil penelitian pada iklan Gopay Jaminan Saldo Kembali terdapat beberapa elemen visual yang dapat merepresentasikan rasa aman, seperti visual tameng berlogokan gopay dan dominasi warna biru yang dapat memberi kesan rasa kepercayaan serta keamanan yang sesuai dengan jargon mereka melalui hastag #AmanBersamaGopay.
References
Andhita, Pundra Regga. 2021. Komunikasi Visual. Jawa Tengah: CV ZT Corpora.
Bandura, Agustinus.2016. PENELITIAN KUALITATIF. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Budiman, Kris.2011. Semiotika Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Effendi, Onong Uchyana. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya,2001.
Effendy, Onong Unchjana. 2006.Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Eisman, Leatrice. 2007. More Alive with Color.capital book lifestyle.
Eriyanto.2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.
Hoed, Benny H. 2014. Semiotik dan Dinamika Sosial
Budaya Ferdinand de Saussure, RolandBarthes, Julia Kristeva, Jacques Derrida, Charles Sanders Pierce, Marcel Danesi & Paul Perron, dll. Komunitas Bambu: Depok.
Copyright (c) 2022 Benny Muhdaliha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.