ANALISIS ANALISIS BUDAYA DIGITAL NATIVE PADA KASUS KRITIKAN KONSUMEN BRAND “ ESTEH INDONESIA” DI MEDIA SOSIAL TWITTER BERUJUNG SOMASI
Abstract
Peralihan bernuansa teknologi khususnya dalam pola produksi hubungan komunikasi antar manusia dan konsumsi informasi di media digital membuat lahirnya banyak peluang dengan tidak adanya batas baik ruang maupun waktu dengan jangkauan yang tidak bisa terukur, seakan sudah menjadi budaya. berbagai diantaranya dianggap sebagai imaji yang lebih nyata daripada kenyataannya. Viralnya isu di jagat media sosial dengan adanya sebuah kasus salah satu brand besar dalam kelompok F&B (Food & Beverage) ternama yaitu Esteh Indonesia melayangkan somasi terhadap salah satu konsumen yang membagikan cuitan kritik pedasnya terkait produknya di ruang media sosial Twitter. Ungkapan terkesan sarkasme oleh salah satu masyarakat digital (digital native), dianggap telah mencemarkan nama baik sehingga menjadi bukti jika rekam jejak di ruang digital pun meninggalkan jejak digital dengan belum tercerminnya kesadaran dalam menjaga etika di ruang digital (netiquette). Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian One Case Study Kualitatif dengan pendekatan Content Analysis yang menunjukan jika ruang maya bukan sekedar simbol dari kebebasan berpendapat tanpa etika, tanpa perasaan, namun dalam bersikap di berbagai macam kesempatannya perlu untuk dimaknai dengan bijak dan tanggungjawab mengingat diperlunya pula diri yang beradab dalam berperilaku sebagai bagian dari mampunya beradaptasi di ranah media digital.
References
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis) Critical Thinking in Islamic Education View project Islamic Studies View project. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804
Binus University. (2012). Netiquette – BINUS University. https://binus.ac.id/knowledge/2012/06/netiquette/
Chlistina, Z. (2022, October 26). Ternyata ini 3 karakteristik utama pengguna Twitter. https://www.tek.id/tek/ternyata-ini-3-karakteristik-utama-pengguna-twitter-b2fso9oZE
CNN Indonesia. (2022, September 29). Esteh Indonesia Minta Maaf Usai Somasi Pelanggan. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220929153134-92-854298/esteh-indonesia-minta-maaf-usai-somasi-pelanggan
Fahrimal, Y., Studi, P., Komunikasi, I., Umar, T., Peunyareng, J. A., Barat, A., & Aceh, P. (n.d.). Netiquette: Etika Jaring Sosial Generasi... Yuhdi Fahrimal NETIQUETTE: ETIKA JEJARING SOSIAL GENERASI MILENIAL DALAM MEDIA SOSIAL NETIQUETTE: THE ETHICS OF MILLENIAL-GENERATION SOCIAL NETWORKS IN SOCIAL MEDIA.
Gentaandalas. (2022, June 29). Media Sosial Twitter: Tempat Ternyaman Menyurahkan Keluh Kesah. https://www.gentaandalas.com/media-sosial-twitter-tempat-ternyaman-menyurahkan-keluh-kesah/
Hadi, N., Jurusan, W., Matematika, P., & Uny, F. (2006). Etika Berkomunikasi di Dunia Maya dengan Netiquette. www.ietf.org
Justisi, G., Setiawan, I., Rusydi, I., Rahmawati, A., & Hasanah, S. (2022). JEJAK DIGITAL SEBAGAI ALAT BUKTI PETUNJUK MENURUT PASAL 184 KITAB UNDANG UNDANG HUKUM ACARA PIDANA.
Kominfo. (2018, August 30). Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/content/detail/14136/angka-penggunaan-media-sosial-orang-indonesia-tinggi-potensi-konflik-juga-amat-besar/0/sorotan_media
Kompasiana. (2020, January 4). Trending Topik Twitter sebagai Sarana Penyebaran Isu Kontroversial Halaman 1 - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/nugraha88/5e1087aed541df79920f6b22/trending-topik-twitter-sebagai-sarana-penyebaran-isu-kontroversial
Maulinda, R. (n.d.). ETIKA KOMUNIKASI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL ( INSTAGRAM ).
Mulyadi. (n.d.). Dimensi- Dimesi Kemanusiaan.
Nuwayyar1, J. H., Dwi, A., Wardhani2, K., Fiolentina, R., Wulansari3, Z., Claretta4, D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). IKATAN SOSIOLOGI INDONESIA MALANG RAYA DAN SEKITARNYA PERSEPSI KONSUMEN PADA SOMASI ESTEH INDONESIA TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DI SURABAYA. In JSI Jurnal Socia Logica (Vol. 1, Issue 2).
Pawito; (2007). Penelitian komunikasi kualitatif.
Rahardjo, M. (2019). Analisis Isi (Content Analysis) dalam Penelitian Kualitatif - mudjia rahardjo. https://mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id/index.php/2019/01/02/analisis-isi-content-analysis-dalam-penelitian-kualitatif/
Rawanoko, E. S., Komalasari, K., Al-Muchtar, S., & Bestari, P. (2021). The use of social media in ethic digital perspective. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 148–157. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.40036
Rizal, M. lim. (2022, June 17). Kabupaten Tegal. https://utama.tegalkab.go.id/news/view/artikel/pemahaman_masyarakat_dan_masyarakat_digital_20220704110450
Rizkinaswara. (2022). Waspada Rekam Jejak Digital Kita di Internet.
Saumantri, T., Abdu Zikrillah, dan, Sejarah dan Kebudayaan Islam, J., Komunikasi dan Penyiaran Islam, J., & Syekh Nurjati Cirebon, I. (2020). TEORI SIMULACRA JEAN BAUDRILLARD DALAM DUNIA KOMUNIKASI MEDIA MASSA JEAN BAUDRILLARD’S SIMULACRA THEORY IN THE COMMUNICATION WORLD OF MASS MEDIA. In Jurnal Dakwah dan Komunikasi | (Vol. 11, Issue 2).
Sejarah, A., & Penggunaannya, D. (n.d.). Content Analysis Sebagai Metode Tafsir Teks.
Vairagya Yogantari, M., Gst Bagus Bayu Baruna Ariesta, I., Desain Komunikasi Visual, P., & Desain dan Bisnis Bali, I. (n.d.). KAJIAN PENGARUH COPYWRITING KREATIF TERHADAP IDENTITAS BRAND KEDAI KOPI TAKEAWAY DI DENPASAR. In Jurnal Nawala Visual (Vol. 3, Issue 1). Online. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual
We Are Social. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Yusra, Y. (2023, February 1). Survei Literasi Digital 2022: “Digital Culture” Meningkat, Namun “Digital Safety” Masih Rendah | DailySocial.id. https://dailysocial.id/post/survei-literasi-digital-2022
Copyright (c) 2023 Nindi Isma Nurfitriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.