JUXTAPOSING THE DIFFERENCES: NARASI IDENTITAS DESAIN & ARSITEKTUR DALAM KONTEKS MULTIKULTURALISME

Authors

  • Freddy Hendrawan Magister Desain, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ramanda Dimas Surya Dinata Magister Desain, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gusti Ayu Jezzica Jasmine Wulandari Magister Desain, Institut Desain dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.35886/patra.v6i2.1079

Keywords:

juxtapose, narasi, desain, arsitektur, multikulturalisme

Abstract

Cultural differences di satu sisi dapat dilihat sebagai sebuah batasan dan kesenjangan antara dua atau lebih identitas budaya. Ekspresi terhadap cultural differences ini dapat dilihat melalui penerapan konsep juxtaposition. Representasi yang dihasilkan dari implementasi konsep ini dapat diterjemahkan menjadi sebuah interpretasi baik terhadap visual objek atau elemen maupun narasi yang disampaikan. Narasi-narasi inilah yang disampaikan oleh masyarakat urban melalui interaksi antar keragaman budaya dalam lingkungan urban sebagai sebuah bentuk toleransi terhadap konsep multikulturalisme yang tidak hanya terbatas pada konteks sosial budaya, tetapi juga dalam konteks desain dan arsitektur. Studi dengan pendekatan kualitatif-deskriptif-naratif ini menggunakan studi kasus beberapa desain arsitektur pada bangunan publik dan keagamaan yang mengindikasikan penerapan konsep juxtaposition di Melbourne, Singapura, dan Bali. Dengan mengintegrasikan juxtaposition secara bijak dalam perencanaan dan pengembangan kota multikultural, dapat diciptakan lingkungan yang inklusif, dinamis, dan membangun kesadaran akan keanekaragaman budaya yang menjadi kekayaan kota tersebut.

 

References

Hall, S. Cultural Identity and Diaspora. In J. Rutherford (Ed.), Identity: Community, Culture, Difference. London: Lawrence and Wishart, 1990.

Hall, S. The West and Rest: Discourse and Power. In S. Hall & B. Gieben (Eds.), Formations of Modernity. Cambridge: Polity Press in association with the Open University, 1992.

Anderson, B. Imagined Communities: Reflection on the Origin and Spread of Nationalism. London, New York: Verson, 1991.

Bhabha, H. K. The Location of Culture. London, New York: Taylor & Francis Group, 2004.

Bois, W. E. B. D. The Souls of Black Folk. New York: Penguin Books, 1989.

R. Thornton, "Culture: A Contemporary Definition," in E. Boonzaier and J. Sharp, eds., South African Keywords: Cape Town and Johannesburg, 1989.

Lévi-Strauss, C. The Raw and The Cooked, John and Doreen Weightman (trans.). New York: Harper & Row, 1969.

C. Kratz, “Red Textures andthe Work of Juxtaposition”, Kronos 42, pp. 29–47. 2016.

Zizah, S., Rante, H., Susanto, D. & Alimudin, A., “Juxtaposition in MontageMovie”, E3S web of conferences, vol. 188, p. 23. 2020.

Basa, İ. “Transformation From Representational Space to Tolerance Space: The Juxtaposition of Ideal And Real In The Urban Public Area”, Metu Journal of the Faculty of Architecture, 35(1), pp. 221–241. 2018.

Crispin J., “Meaning from Juxtaposition: A Conversation with Photographer Jon Crispin about the Willard Asylum Suitcases”. Journal of Contemporary Archeology, 3(1), pp. 103-120. 2016.

Hussein, Inas. “Juxtaposition of the Past and the Present: A Pragmatic Stylistic Analysis of the ShortStory “Too Much Happiness” by Alice Munro”, World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Cognitive and Language Sciences, vol. 14, no. 12, 2020, pp. 1211-1223. 2023.

Sutcliffe, A. “Juxtaposing Design Representations for Creativity”, Human Technology 6, pp. 38-54. 2010.

Hall, S. “Cultural Identity and Cinematic Representation”, Framework: The Journal of Cinema and Media, 36, pp. 68-81. 1989.

Australian Government. “The Multicultural Access and Equity Policy Guide for Australian Government Departments and Agencies”, Belconnen Australia Capital City; 2018 [cited 2024 May 10]. Available from: https://www.homeaffairs.gov.au/mca/PDFs/multicultural-access-equity-policy-guide.pdf.

Soon, Tay Kheng. "Chee Tong Temple, Singapore: A Transformative Approach to the Design of a Chinese Temple", Mimar 27: Architecture in Development. 1988.

Hendrawan F, Widiana K. “Identifikasi Elemen-elemen Arsitektur Tempat Ibadat Tri Dharma Kong Co Bio di Kabupaten Tabanan, Bali”. In: Prosiding Seminar Nasional Arsitektur dan Tata Ruang 2019, p. 1-6. 2019.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

JUXTAPOSING THE DIFFERENCES: NARASI IDENTITAS DESAIN & ARSITEKTUR DALAM KONTEKS MULTIKULTURALISME. (2024). Jurnal PATRA, 6(2), 103-111. https://doi.org/10.35886/patra.v6i2.1079

Most read articles by the same author(s)