EKSPERIMEN KONSTRUKSI BANGUNAN PREFABRIKASI KAYU YANG PRAKTIS DAN SUSTAINABLE DI INDONESIA

  • Megan Victoria Tanaya Petra Christian University
Keywords: Prefabrication Systems, Prefabrication Building Constructions, Prefabricated Timber Structures, Timber Construction, Prefab Architecture, Prefabrication Sustainability.

Abstract

Teknik konstruksi pembangunan prefabrikasi masih jarang ditemui di Indonesia. Sedangkan di negara-negara maju sering ditemui prefabrikasi yang memungkinkan kepraktisan dan sustainability yang lebih. Hal ini disebabkan oleh beberapa hambatan dalam mewujudkannya, seperti: para tukang dan desainer yang tidak familiar akan prefabrikasi, teknologi yang kurang memadai, kesulitan sistem transportasi, dan lain-lain. Namun setelah melalui pembahasan berdasarkan data-data teori dan lapangan dapat dikatakan bahwa, justru hambatan-hambatan tersebut merupakan sumber petunjuk dari terwujudnya sebuah inovasi desain prefabrikasi kayu, yang tetap memegang kualitas praktis dan sustainable, namun juga cocok dan mudah untuk diaplikasikan di Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai hal tersebut sehingga pada akhirnya disimpulkan mengapa inovasi desain tersebut berpotensi baik untuk diimplementasikan di Indonesia, dan apa saja kekurangannya sehingga dapat dipertimbangkan dan dikembangkan lagi di kemudian hari.

 

Published
2021-05-02
How to Cite
Tanaya, M. (2021). EKSPERIMEN KONSTRUKSI BANGUNAN PREFABRIKASI KAYU YANG PRAKTIS DAN SUSTAINABLE DI INDONESIA. Jurnal Patra, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.35886/patra.v3i1.137