REDESAIN INTERIOR BUTIK GAUN CLEMENTINE COUTURE SURABAYA DENGAN KONSEP SIMPLE ENCHANTING

  • Jesseline Carissa Novita Universitas Kristen Petra
  • Tresiyani Mettasari Liesawan Universitas Kristen Petra
Keywords: redesain interior, butik, brand identity, design thinking

Abstract

Abstract. Clementine Couture Boutique would be redesigned into a custom and rental gown boutique that attracts customers amidst the COVID-19 pandemic. Other than the health protocol, there are problems that require to be solved. The problems are the hazy brand identity, vague circulation, and lack of facility. Not only displaying rows of beautiful dresses, for the customers, the concept "Simple Enchanting" will turn the boutique into an exhilarating experience of fairy tale world exploration. Other than that, the boutique's brand identity will be strengthened by the use of elegant, classic, and simple style, suitable for the displayed product. This boutique is located in a neighborhood, and thus it is hoped that the main entrance, which is designed to be majestic and unique, can be the focal point among the houses. The method used is design thinking method that covers literature study, observation, interview, programming, concept, and evaluation.

Key words: interior redesign, boutique, brand identity, design thinking

 

Abstrak. Butik Clementine Couture hendak diredesain untuk dijadikan toko butik sewa dan membuat gaun custom-made yang menarik konsumen terutama saat pandemi COVID-19. Selain dari aspek protokol kesehatan, terdapat permasalahan lain yang harus diselesaikan. Masalahnya adalah brand identity butik belum terlihat, arah sirkulasi tidak jelas, dan butik belum terfasilitasi dengan baik. Dengan konsep simple enchanting akan menjadikan Clementine Couture tidak hanya butik dengan deretan gaun-gaun yang indah namun juga pengalaman ruang yang menarik seperti dalam suatu dongeng. Selain itu, brand identity butik lebih diperkuat dengan penggunaan gaya yang elegan, klasik, dan sederhana sehingga sesuai dengan produk yang dipamerkan. Butik ini terletak di perumahan sehingga main entrance yang didesain megah dan berbeda diharapkan dapat menjadi focal point diantara rumah-rumah lainnya. Metode yang digunakan adalah metode design thinking yang meliputi studi kepustakaan, observasi, wawancara, programming, konsep, dan evaluasi.

Kata Kunci: redesain interior, butik, brand identity, design thinking

References

[1] A.I. Gunawan, S.M. Sari dan S.M. Frans. “Jurnal Intra” Penerapan Branding pada Hotel Yellow., vol.5 No.2, pp.247-254.2017.

[2] A. Kusumowidagdo. “Dimensi Interior” Peran Penting Perancangan Interior pada Store Based Retail., vol. 3 No.1., pp.17-30.2005.

[3] Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Laporan Kerja Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Tahun 2019. Internet: https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598879701_BUKU_BEKRAF_28-8-2020.pdf, Februari 2020 [Apr. 1, 2021].

[4] Berman, Barry & Joel, R. Evans. Retail Management: A Strategic Approach 12th ed., New Jersey: Prentice Hall, 2011.

[5] I. Lagonda, H.Vecky, M.Leidy. “Jurnal Arsitektur Daesang Unsrat” Graha Mode Busana dan Sekolah Model di Manado., vol. 4 No. 1., pp.104-111.2015.

[6] Kartika Dewi, S., Kurniawati Haryanto, E., & De Yong, S. (2018). Identifikasi Penerapan Design Thinking Dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor. Seminar Nasional Seni Dan Desain: “Konvergensi Keilmuan Seni Rupa Dan Desain Era 4.0,” 33–38. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/266504-identifikasi-penerapan-design-thinking-d-e8189f93.pdf

[7] Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). “Butik”. Internet: https://kbbi.web.id/butik [Apr. 1, 2021].

[8] L. Denissa. “Panggung Jurnal Seni Budaya” Fesyen Akademik sebagai Alternatif Kebaruan dalam Budaya Populer., vol. 29 No. 2.2019.

[9] Levy, Michael and B. Weitz. Retail Management, USA: McGraw-Hill, 1998.

[10] M.T. Mulya Raja. “Jurnal Arsitektur ARCARD” Kajian Aplikasi Brand Identity pada Elemen Desain Interior Gourmet Cafe Petitenget., vol.4 No.2.2020.

[11] Stanford Design School. The Virtual Crash Course Playbook, California: Institute of Design at Stanford, 2012.
Published
2021-04-29
How to Cite
Novita, J., & Liesawan, T. (2021). REDESAIN INTERIOR BUTIK GAUN CLEMENTINE COUTURE SURABAYA DENGAN KONSEP SIMPLE ENCHANTING. Jurnal Patra, 3(1), 25-32. https://doi.org/10.35886/patra.v3i1.179