IMPLEMENTASI STRATEGI BLUE OCEAN PADA PERANCANGAN DESAIN PRODUK

  • Devanny Gumulya Pelita Harapan University
Keywords: Desain produk, strategi blue ocean, proses desain

Abstract

Desain produk adalah keilmuan yang selalu mencari inovasi dan kebaruan dalam prosesnya. Blue ocean strategi (BOS) adalah strategi bisnis mencari pasar baru dengan menawarkan nilai yang berbeda dari kompetitor lainnya. Paper ini menghubungkan kerangka pemikiran BOS dalam proses desain. Empat langkah kunci dari BOS adalah elminasi, kurangi, tingkatkan dan ciptakan. Langkah – langkah ini di implementasi pada proses pencarian ide untuk perancangan desain produk. Dari pendekatan BOS, proses desain menjadi lebih terarah, terstruktur dan nilai inovasi dari produk dapat didapatkan dengan cepat. Hasil dari paper ini adalah rancangan desain furniture untuk siswa SD yang inovatif dan menawarkan aktivitas baru diluar furniture konvensional pada umumnya.

References

[1] Kim, W. Chan, and Renée Mauborgne. 2004. Blue Ocean Strategy. Harvard Business Review 82: 76–84

[2] Warell, A. (2015). Identity references in product design: An approach for inter-relating visual product experience and brand value representation. Procedia Manufacturing, 3, 2118-2125

[3] Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2014). Blue ocean strategy, expanded edition: How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Harvard business review Press. towards Communicating Strategies", in: Digital Proceedings of Conference on Visualising and Presenting Indicator Systems, Neuchatel, Switzerland, Swiss Federal Statistical Office.

[4] Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2017). Blue ocean shift: Beyond competing-proven steps to inspire confidence and seize new growth. Hachette UK.
Published
2020-05-02
How to Cite
Gumulya, D. (2020). IMPLEMENTASI STRATEGI BLUE OCEAN PADA PERANCANGAN DESAIN PRODUK. Jurnal PATRA, 2(1), 14-18. https://doi.org/10.35886/patra.v2i1.72

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>