PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KOPERASI PRODUSEN MASYARAKAT PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS (MPIG) GARAM AMED DI KARANGASEM

  • Arif Yulianto Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gst. Ag. Ayu Widari Widyaswari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Maha Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: Koperasi Produsen MPIG Garam Amed, Media Promosi, Garam

Abstract

Salah satu wilayah penghasil garam di Bali yaitu berada di kabupaten Karangasem, Desa Purwakerthi, kecamatan Abang, kabupaten Karangasem. Para petani garam Amed tersebut terkenal dengan sebutan masyarakat perlindungan indikasi geografis (MPIG) Garam Amed Bali dan mendirikan sebuah koperasi dengan nama Koperasi Produsen Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Garam Amed Bali. Cara pemasaran produk garam Amed yaitu menggunakan cara konvensional dan media baru. Namun, promosi tersebut belum dilakukan secara maksimal dan mengakibatkan penjualan garam Amed pun tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk meningkatkan penjualan diperlukan perancangan konsep untuk desain dan media promosi apa saja yang akan digunakan dalam melakukan perancangan ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu data primer berupa observasi dan wawancara serta data sekunder berupa studi kepustakaan, dokumentasi, dan metode penelusuran daring sehingga didapatkan konsep desain dan media promosi yang digunakan. Konsep tersebut yaitu ‘Original Treasure of The Sea’ yang mempunyai maksud bahwa garam Amed adalah kekayaan dari laut yang diambil benar-benar dari Amed, Bali dengan proses yang masih alami dan tradisional sehingga menghasilkan produk garam dengan kualitas yang baik dan dijamin keasliannya. Konsep ini akan diimplementasikan pada keseluruhan media promosi yang akan digunakan untuk menarik perhatian target konsumen, seperti desain kemasan, desain konten media sosial Instagram, desain website, roll up banner, online advertising, poster, merchandise (t-shirt, sticker, gantungan kunci dan tote bag), kartu nama dan daftar produk dan harga. Diharapkan dengan perancangan media promosi ini, Koperasi Produsen MPIG Garam Amed dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan konsumen.

References

Ismail, Ibnu. “Komoditas: Pengertian, Jenis, dan Karakteristik Pasar Komoditas”. Internet : https://accurate.id/ekonomi-keuangan/pengertian-komoditas, 12 April 2021.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Penerbit Prenada Media Group, 2007.

Trisliantanto, Dimas Agung. Metodologi Penelitian: Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. Yogyakarta : Penerbit Andi. 2020.

Soleh, Andi Muhammad, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SUSU KEDELAI MY SOYA." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 1-10.

Rangkuti, freddy. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2006.

Hanindharputri, Made Arini, dkk. (2016). Selaras Rupa. Jurnal Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Bali. 2. (3): 587.

Published
2022-05-21
How to Cite
Yulianto, A., Widyaswari, I. G. A. A. W., & Maha Putra, I. K. A. (2022). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KOPERASI PRODUSEN MASYARAKAT PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS (MPIG) GARAM AMED DI KARANGASEM. Jurnal Selaras Rupa, 3(1), 1-9. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/371