PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN AKSARA BALI UNTUK SISWA SD DI DENPASAR

  • A.A.Ayu Indah Andriani Putri1 Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Sinar Wijaya Institut Desain dan Bisnis Bali
  • A.A.Sagung Intan Pradnyanita Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: aksara bali, media pembelajaran, promosi, siswa

Abstract

Aksara Bali mulai diajarkan sejak di pendidikan sekolah dasar sampai menengah atas, akan tetapi tetap saja masih banyak siswa yang kesulitan untuk mempelajarinya. Hal ini menjadi salah satu penyebab berkurangnya minat siswa untuk belajar karena merasa aksara Bali dirasa sulit untuk dipelajari. Dalam kondisi seperti ini, diperlukan sebuah sarana yang mendukung agar membuat siswa dapat tertarik untuk mempelajari aksara Bali salah satunya dengan buku interaktif. Dalam proses perancangannya metode yang digunakan meliputi metode pengumpulan data premier (metode wawancara dan kuesioner) dan metode pengumpulan data sekunder (metode kepustakaan dan kajian internet). Wawancara dilakukan kepada beberapa guru – guru Bahasa Daerah di Denpasar dan penyebaran kuesioner melalui Google Form.  Melalui proses brainstorming ditemukan kata kunci pengetahuan, dasar dan penuh kreativitas, yang kemudian diformulasikan menjadi konsep “basic knowledge full of creativity” dan menjadi acuan dalam perancangan buku interaktif pembelajaran Aksara Bali. Buku interaktif dinilai efektif sebagai sarana pendukung pembelajaran siswa. Media lainnya yang mendukung dan menjadi promosi penciptaan karya ini meliputi boardgame, booth, poster, x-banner, kalender, flyer, maskot dan merchandise. Dengan demikian, media – media ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali minat dan ketertarikan siswa dalam mempelajari aksara Bali sehingga ikut serta melestarikan bahasa daerah Bali.

References

Adnyana, Gede Agus Budi. 2014. Pasang Aksara Bali. Denpasar: CV Kayumas Agung.

Damaria, Anne. 2005. Panduan Designer Dalam Produksi Cetak dan Digital.

Hendratman, Hendi. 2014. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika Bandung.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Poerwadarminta, W.J.S. 2000. Model – Model Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sahaputra, I Gusti Ngurah Yudi. 2016. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Kampanye Aksara Bali Di Denpasar. STD Bali.

Sarwono, Jonathan dan Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi

Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2009. Nirmana Elemen – Elemen Seni Dan Desain.Yogyakarta: Jalasutra.

Suastama, I Putu Pande. 2015. Perancangan Media Komunikasi Visual Kampanye “7Menit Sehat” Di Denpasar. STD Bali.

Published
2022-05-21
How to Cite
Andriani Putri1A. I., Sinar Wijaya, I. P., & Intan Pradnyanita, A. (2022). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN AKSARA BALI UNTUK SISWA SD DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 3(1), 10-19. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/373