CO-BRANDING FASHION DAN GAME SEBAGAI STRATEGI KREATIF PEMASARAN BERKELANJUTAN

Authors

  • I Gusti Bagus Bayu Baruna Ariesta Desain Mode, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Made Vairagya Yogantari Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana
  • Anak Agung Ngurah Bagus Kesuma Yudha Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.35886/damoda.v5i2.1060

Keywords:

co-branding, desain mode, game, pemasaran berkelanjutan, pemasaran hijau

Abstract

Sebagai sebuah industri di era digital yang terus berkembang, brand fashion perlu untuk tetap relevan dalam mempromosikan produk fashion-nya kepada masyarakat. Co-branding menjadi salah satu strategi pemasaran kreatif dalam membangun sebuah brand. Kolaborasi terbuka lebar tatkala kebutuhan dalam menghasilkan revenue bersinggungan dengan aspek mendasar pemasaran hijau yang menuntut pola minim karbon dalam industri terkait. Melalui co-branding yang juga efektif meningkatkan kepekaan brand pada kepentingan konsumen, game sebagai salah satu industri yang turut melesat valuasinya dalam satu dekade terakhir memiliki peran signifikan. Hal ini menjadi solusi dalam penerapan co-branding bagi industri fashion dan industri game sebagai strategi promosi terkini yang memanfaatkan ruang virtual yang tentunya memberi dampak positif pada penurunan emisi karbon seperti yang digaungkan dalam pemasaran berkelanjutan atau pemasaran hijau. Penelitian ini akan berfokus pada co-branding antara kolaborasi brand fashion dan game Balenciaga dengan Fortnite, H&M dengan Animal Crossing dan Nikeland dengan Roblox serta implikasi positif bagi brand dan konsumen yang dihasilkan dari co-branding dua lini produksi ini.

 

Kata kunci : co-branding, desain mode, game, pemasaran berkelanjutan, pemasaran hijau

References

P. Leeflang, “Co-Branding: The State Of The Art,” Schmalenbach Bus. Rev., 2008.

S. Gogri, “Co-Branding: a Strategic Decision in a Competitive World,” EPRA Int. J. Econ. Bus. Manag. Stud. , vol. 9, no. 11, pp. 20–23, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.36713/epra1013.

T. Wijman, “Newzoo’s games market revenue estimates and forecasts by region and segment for 2023,” Newzoo, 2024. https://newzoo.com/resources/blog/games-market-estimates-and-forecasts-2023 (accessed Mar. 23, 2024).

S. Del Rosario, “Power-ups & prestige: 5 epic video game x luxury brand collabs,” 2023. https://san.com/cc/power-ups-prestige-5-epic-video-game-x-luxury-brand-collabs (accessed Mar. 23, 2024).

F. N. Arviani, “Green Marketing: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Manfaatnya,” Lindungihutan, 2022. https://lindungihutan.com/blog/green-marketing/ (accessed Apr. 04, 2024).

A. Yudha, “Pembangunan Industri Perfilman Bali Dengan Konsep Bekerja Tulus Ikhlas Khas Kearifan Bali Yang Bernilai Ekonomis,” 2021, [Online]. Available: https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/download/580/327.

R. Douglas, “Round-up: 2021 in gaming collaborations,” 24 December, 2021. https://fashionunited.uk/news/fashion/round-up-2021-in-gaming-collaborations/2021122460308 (accessed Mar. 23, 2024).

A. Wheeler, Designing brand identity, vol. 129. John Wiley & Sons, Inc., 2009.

D. Widowati, “Adopsi Visual Fesyen Bikers,” J. Da Moda, vol. 1, no. 1, pp. 12–15, 2019, doi: 10.35886/damoda.v1i1.51.

“Mengenal Circular Fashion, Gerakan yang Ramah Lingkungan,” 9 November, 2022. https://kumparan.com/kumparanwoman/mengenal-circular-fashion-gerakan-yang-ramah-lingkungan-1zDOTYFM2UL/full (accessed Apr. 01, 2024).

I. X. Fernandes, F. de Sá-Soares, and A. Tereso, “Modelling and Analysing Product Development Processes in the Textile and Clothing Industry,” Lect. Notes Mech. Eng., pp. 220–233, 2023, doi: 10.1007/978-3-031-09360-9_19.

P. Mir-Bernal and T. Sadaba, “The Ultimate Theory of the Marketing Mix: A Proposal for Marketers and Managers,” Int. J. Entrep., vol. 26, no. 4, pp. 1–22, 2022, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/360075989.

M. Antara and M. Vairagya, “Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif,” Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 1, pp. 1–24, 2018, [Online]. Available: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/db7cc0c7f6477f8e3a4b9e813a75a1a2.pdf.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Ariesta, I. G. B. B. B., Yogantari, M. V., & Yudha, A. A. N. B. K. (2024). CO-BRANDING FASHION DAN GAME SEBAGAI STRATEGI KREATIF PEMASARAN BERKELANJUTAN. Jurnal Da Moda, 5(2), 90–95. https://doi.org/10.35886/damoda.v5i2.1060

Most read articles by the same author(s)