KAJIAN ESTETIKA SANDAL GUNUNG SEBAGAI TREND MASA KINI
DOI:
https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.188Keywords:
trend, estetika, sandal gunung, emosional desainAbstract
Sandal gunung kini menjadi trend di lingkungan masyrakat khususnya dalam kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan muculnya lifestyle baru bagi sebagian besar kalangan anak muda sebagai seorang pendaki untuk menunjukan jati dirinya mereka dengan mengikui trend zaman sekarang, yaitu mendaki gunung. Sandal gunung merupakan salah satu dari sekian banyak perlengkapan dalam pendakian gunung yang wajib dibawa maupun digunakan oleh seorang pendaki. Dilihat dari posisinya didalam daftar perlengkapan pendakian, sandal gunung masih berada di bawah posisi sepatu gunung. Dalam pengamatan objek pada Sandal Gunung ini akan berpedoman pada fenomena membenda suatu objek dalam teori estetika, ada sembilan unsur atau aspek pemandu dalam fenomena desain yang terdiri dari material, teknik/ skill/ tools, energy/ daya, socio culture spiritual, psycho, bio physics, status symbol, artistic, dan fungsi praktis utiliter. Serta didukung dengan teori mayall yang memaparkan objek mulai dari sisi essence, important, desirable, perpomance, ergonomics dan aesthetic. Sandal Gunung di kalangaan anak muda menjadi produk yang sangat memperhatikan muatan yang bersifat fungsi praktis utiliternya beserta kaidah-kaidah efisien, efektif dan health safety dengan berorientasi pada desain masa kini cenderung berorientasi ke arah muatan yang bersifat rasa dan menggugah emosi penggunanya.