KAJIAN ESTETIKA SANDAL GUNUNG SEBAGAI TREND MASA KINI

Authors

  • I Gede Yudha Pratama Sekolah Tinggi Desain Bali

DOI:

https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.188

Keywords:

trend, estetika, sandal gunung, emosional desain

Abstract

Sandal gunung kini menjadi trend di lingkungan masyrakat  khususnya dalam kalangan anak muda. Hal ini  dikarenakan muculnya lifestyle baru bagi sebagian besar kalangan anak muda sebagai seorang pendaki untuk  menunjukan  jati dirinya mereka dengan mengikui trend zaman sekarang, yaitu mendaki gunung. Sandal gunung merupakan salah satu  dari sekian banyak perlengkapan dalam pendakian gunung yang wajib dibawa maupun digunakan oleh seorang pendaki. Dilihat dari posisinya didalam daftar perlengkapan pendakian, sandal gunung masih berada di bawah posisi sepatu gunung. Dalam pengamatan objek pada Sandal Gunung ini akan berpedoman pada fenomena membenda suatu objek dalam  teori estetika, ada sembilan unsur atau aspek pemandu dalam fenomena desain yang terdiri dari material, teknik/ skill/ tools, energy/ daya, socio culture spiritual, psycho, bio physics, status symbol, artistic, dan fungsi praktis utiliter. Serta didukung dengan teori mayall yang memaparkan objek mulai dari sisi essence, important, desirable, perpomance, ergonomics dan aesthetic. Sandal Gunung di kalangaan anak muda  menjadi  produk yang sangat memperhatikan muatan yang bersifat fungsi praktis utiliternya beserta kaidah-kaidah efisien, efektif dan health safety dengan berorientasi pada desain masa kini cenderung berorientasi ke arah muatan yang bersifat rasa dan menggugah emosi penggunanya.

References

[1] Mudana, I. Gede, I. Ketut Sutama, and Cokorda Istri Sri Widhari. "Model Kewirausahaan Memandu Wisata Mendaki Gunung Agung Di Desa Selat, Karangasem." Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora 7.3 (2017): 324-333.

[2] Muchlis, PERGESERAN FUNGSI ATRIBUSI PENGGIAT ALAM BEBAS SEBAGAI PENANDA GAYA HIDUP STUDI KASUS PADA PRODUK BUSANA, ALAS KAKI (SEPATU DAN SANDAL GUNUNG), JAM TANGAN DAN TAS." Jurnal Seni Rupa & Desain Vol.1 No.1 2012.

[3] Pratama, I. Gede Yudha. "DESAIN SIGN SYSTEM DI LINGKUNGAN KAMPUS NEW MEDIA COLLEGE." SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur). Vol. 4. 2021.

[4] Pratama, I. Gede Yudha. "Aesthetics Study of Mesatua Bali Culture in Digital Media." International Conference on Business, Economic, Social Science and Humanities (ICOBEST 2018). Atlantis Press, 2018.

[5] Pratama, I. Gede Yudha. "REVITALIZATION OF MESATUA BALI CULTURE THROUGH THE DIGITAL MEDIA." ARTic 3 (2019): 135-153.

[6] Pratama, I. Gede Yudha. "PROSES KREATIF DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI RANGKAIAN ACARA CLINIC DESIGN-STD BALI DESIGN WEEK." Jurnal Lentera Widya 2.1 (2020): 9-14.

[7] Rochyat, Indra G. "DESAIN SANDAL GUNUNG KESEHATAN DENGAN TEKNOLOGI TERAPI RELAKSASI PADA SYARAF-SYARAF KAKI." DESAIN SANDAL GUNUNG KESEHATAN DENGAN TEKNOLOGI TERAPI RELAKSASI PADA SYARAF-SYARAF KAKI (2014).

Downloads

Published

2021-05-02

How to Cite

Pratama, I. G. Y. (2021). KAJIAN ESTETIKA SANDAL GUNUNG SEBAGAI TREND MASA KINI. Jurnal Da Moda, 2(2), 36–41. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.188