IMPLEMENTASI MULTIMEDIA VIDEO TUTORIAL TEKNIK SMOCK JEPANG PADA PERKULIAHAN DARING SENI SULAMAN
DOI:
https://doi.org/10.35886/damoda.v4i2.269Abstract
Dengan berbagai keterbatasan dalam situasi pandemi Covid 19 menjadi tantangan seorang guru untuk terus mau belajar dan berlatih pembelajaran secara daring. Proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia video tutorial dapat menjadi lebih menarik dan interaktif, selain itu juga dapat menstimulus semangat belajar peserta didik serta keseriusan peserta didik sehingga kualitas belajar peserta didik dapat lebih meningkat. Salah satu mata kuliah pada Prodi Pendidikan Tata Busana yang disampaikan secara teori dan praktik yaitu mata kuliah Seni Sulaman dipelajari berbagai macam sulaman salah satunya yaitu smock jepang. Implementasi multimedia video tutorial teknik smock Jepang pada perkuliahan daring Seni Sulaman, paparan materi teori pembuatan teknik smock Jepang pada multimedia video tutorial pada umumnya lebih dari setengahnya menyatakan bahwa paparan materi tentang teknik pembuatan pola, alat dan bahan untuk pembuatan smock Jepang, disajikan dengan sangat jelas, sangat sistematis, menarik dengan tulisan yang dapat terbaca dengan sangat jelas.. Adapun dampak yang diperoleh mahasiswa dari diterapkannya multimedia video tutorial yaitu mahasiswa terlihat berminat, lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan kreativitas serta lebih percaya diri dalam mempersentasikan hasil pekerjaannya. Dengan demikian implementasi multimedia video tutorial dalam pembelajaran smock Jepang ini pada mata kuliah Seni Sulaman, dapat mengoptimalkan pembelajaran serta meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik.
References
[2]. Borg, W.R and Gall, M. D. Educational Research: An Introduction. New York: Longman, Inc, 1983.
[3]. Daryanto. Media Pembelajaran, Yogjakarta : Penerbit Gava Media, 2013.
[4]. Isjoni. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta, 2007.
[5]. Marlianti, M & Handayani, W. “Klasifikasi Teknik Stitching Sulaman Sebagai Surface Design Tekstil”. Jurnal ATRAT, Vol. 5 No 3, pp 1-10, September 2017.
[6]. Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.
[7]. Muhadjir, N. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998.
[8]. Munir. Multimdia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
[9]. Sadevi, L.W. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siswa Pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola Di SMKN 6 Surabaya”. Jurnal Da Moda, Vol. 1 No 1, pp 6–11. Oktober 2019.
[10].Surjono, H. D. Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Konsep Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.
[11].Tresna, P. Desain Hiasan. Bandung: GAPURA PRESS, 2018.