PENERAPAN ECO PRINT (HAPA ZOME) MENGGUNAKAN GETAH DAUN DAN BUNGA UNTUK PRODUK SUSTAINABLE FASHION

Authors

  • Rizky Danu Saputri Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gusti Bagus Bayu Baruna Ariesta Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

eco print, hapazome, getah daun dan bunga, sustainable fashion

Abstract

Gaya hidup dengan mengusung tema susutainable sedang banyak di gemari di Indonesia. Adapun sama halnya dengan produk sandangpangan yang juga mengusung tema sustainable, contohnya produk sandang (fashion) yang menerapkan eco print khususnya teknik hapazome untuk memberikan dukungan pada gerakan sustainable living. Tidak hanya untuk mengikutin tren gaya hidup sustainable, produk fashion dengan tema sustainable fashion juga dapat membantu mengurangi limbah akibat fashion industri. Permasalahan limbah ini menjadi salah satu alasan terbesar untuk menciptakan produk fashion ramah  alam, yang menggunakan bahan alami, seperti pewarna alami yang dihasilkan melalui daun dan bunga dan menggunakan bahan baku fabric yang memiliki serat alam tinggi, dengan adanya metode ini membuat beberapa penulis tertarik untuk menciptakan rancangan produk fashion yang sustainable namun tetap dapat digunakan sehari-hari. Serta hal tersebut pula bisa membantu masyarakat lain untuk peduli dengan adanya masalah lingkungan yang ada di sekitar sehingga menjadi ikut untuk menggunakan produk-produk sustainable fashion.

References

[1] I. A. Kusumaningtyas, U. Wahyuningsih, M. Jurusan, and P. Kesejahteraan, “Edisi Yudisium periode Oktober 2021,” vol. 10, no. 3, pp. 9–14, 2021.
[2] M. Stevin Herlina Felix Ari Dartono Setyawan Kriya Tekstil, F. Seni Rupa dan Desain, and U. Sebelas Maret, “EKSPLORASI ECO PRINTING UNTUK PRODUK SUSTAINABLE FASHION,” vol. 15, no. 02, p. 199, 2018.
[3] Andriana Hulu, “Analisis Kesalahan Pengunaan Ejaan Pada Karangan Naras,” p. 2, 2014.
[4] 1 Daryanto, “BAB II KAJIAN TEORI,” Pandu. Berinternet Bagi Pemula, vol. 1, no. 9, p. 10, 2008.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Saputri, R. D., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2023). PENERAPAN ECO PRINT (HAPA ZOME) MENGGUNAKAN GETAH DAUN DAN BUNGA UNTUK PRODUK SUSTAINABLE FASHION. Jurnal Fashionista, 1(2), 22–29. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/fashionista/article/view/941

Most read articles by the same author(s)