PERUBAHAN POLA PEMBELIAN ONLINE: PEMBAYARAN DIGITAL MELALUI SHOPEE PAYLATER
Keywords:
Shopee PayLater, Perilaku Kosumtif, Belanja Online, Pembayaran KreditAbstract
Penelitian ini meneliti perubahan pola pembelian online menggunakan Shopee PayLater, salah satu metode pembayaran berbasis kredit yang semakin diminati masyarakat Indonesia dalam transaksi belanja online. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana Shopee PayLater mempengaruhi perilaku konsumtif konsumen, terutama pada generasi milenial dan Gen Z, karena layanan ini memungkinkan mereka untuk membeli barang sekarang dan membayarnya nanti. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong konsumen memilih layanan ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden berusia antara 17 tahun hingga 35 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga faktor utama yang berperan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan Shopee PayLater adalah kemudahan akses, fleksibilitas dalam pembayaran, dan manfaat langsung yang dirasakan oleh pengguna. Selain itu, layanan ini juga terbukti meningkatkan frekuensi dan volume pembelian, terutama di kalangan konsumen dengan pendapatan menengah. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam literatur perilaku konsumen di era digital, serta memberikan panduan bagi perusahaan e-commerce dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan Shopee PayLater dapat mendorong perilaku konsumti yang berlebihan, sehingga memerlukan pengelolaan keuangan yang lebih bijak di kalangan pengguna.
References
M. R. Utami, M. Meriyati, and H. Aravik, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya,” J. Ilm. Mhs. Perbank. Syariah, vol. 3, no. 2, pp. 269–282, 2023, doi: 10.36908/jimpa.v3i2.235.
Okta, “Pandangan Hukum Islam Terhadap Tunda Bayar (Paylater) Dalam Transaksi E-Commerce Pada Aplikasi Shopee,” 2021.
A. K. Wafa, “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Shopeepay Later,” J. Huk. Ekon. Syariah, vol. 4, no. 1, pp. 16–30, 2020, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jhes/article/view/3588
B. Novendra and S. S. Aulianisa, “Konsep dan Perbandingan Buy Now, Pay Later,” Rechtsvinding, vol. 9, no. 2, pp. 183–201, 2020, [Online]. Available: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/
H. Purwanto, D. Yandri, and M. P. Yoga, “Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Di Masyarakat,” Kompleks. J. Ilm. Manajemen, Organ. Dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 80–91, 2022, doi: 10.56486/kompleksitas.vol11no1.220.
T. E. Pradiningtyas and F. Lukiastuti, “Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi,” J. Minds Manaj. Ide dan Inspirasi, vol. 6, no. 1, p. 96, 2019, doi: 10.24252/minds.v6i1.9274.
S. AFTIKA, H. HANIF, and Y. DEVI, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopeepaylater ‘Bayar Nanti’ Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah,” REVENUE J. Manaj. Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, pp. 87–106, 2022, doi: 10.24042/revenue.v3i1.11228.
N. A. Wardah and H. Harti, “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee,” Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), vol. 8, no. 2, pp. 145–166, 2021, doi: 10.36987/ecobi.v8i2.2090.
R. Novitasari and S. Supriyanto, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Ovo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 17, no. 1, pp. 28–36, 2020, doi: 10.21831/jep.v17i1.33542.
N. Putu, N. Anggraeni, and G. S. Darma, “Pengaruh Kemudahan, Risiko, Gaya Hidup, dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater di Indonesia,” JPEK (Jurnal Pendidik. Ekon. dan Kewirausahaan), vol. 7, no. 2, pp. 625–639, 2023, doi: 10.29408/jpek.v7i2.21450.
M. A. Musthofa et al., “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Sistem Pembayaran Uang Digital (Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Malang),” Jiagabi, vol. 9, no. 2, pp. 175–184, 2020.
Y. C. Puspita, “Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi Ovo,” J. Manaj. Inform., vol. 09, no. 02, pp. 121–128, 2019, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/29471/26993
Berry, “Community-based tourism: measuring readiness of artificial intelligence on traditional village,” Int. J. Soc. Sci. Humanit., vol. 3, no. 3, pp. 81–89, 2017, doi: 10.29332/ijssh.v3n3.352.
P. Lai, “The literature review of technology adoption models and theories for the novelty technology,” J. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 14, no. 1, pp. 21–38, 2017, doi: 10.4301/s1807-17752017000100002.
E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan,” Iqra’ J. Perpust. dan Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66
M. C. O. Ferreira, M. M. Brandão, and F. S. Bizarrias, “Understanding consumer’s responses to negative emotions related to crowding on satisfaction and impulse purchase in retail: the mediating role of coping,” Rev. Adm., vol. 52, no. 4, pp. 431–442, 2017, doi: 10.1016/j.rausp.2017.08.005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Briliantine CaesarEka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.