PERAN MEDIA SOSIAL DAN CELEBRITY ENDORSEMENT DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN E-COMMERCE DI KALANGAN GEN Z
Keywords:
celebrity endorsement, media sosial, e-commerceAbstract
Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji lebih jauh peran media sosial dan celebrity endorsement dalam mendorong pertumbuhan e-commerce di kalangan Gen Z. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah pengguna media social pada Gen-Z untuk mengetahui peran media sosial dan celebrity endorsement dalam mendorong pertumbuhan e-commerce. Mekanisme pengambilan sampel menggunakan metode survei kuesioner yang diisi secara online oleh responden. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Pengolahannya menggunakan software SPPS versi 18 dan menggunakan regresi linier multivariat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel media sosial (X1) dan celebrity endorsement (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan e-commerce di kalangan Gen Z (Y).
References
Adam, M. R. R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Periklanan Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 7(2), 189–201. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i2.1905
Alimbel, F., & Sutarso, Y. (2023). Pengaruh kualitas, nilai dan kepercayaan terhadap loyalitas merek pada jasa kurir domestik. Journal of Business & Banking, 13(1), 139. https://doi.org/10.14414/jbb.v13i1.3893
Amanda, S. Y., Alimbel, F., & Surur, M. (2024). Pengaruh Social Media, Shopping Lifestyle, Dan Customer Experience Terhadap Perilaku Impulse Buying Gen Z Melalui E-Commerce. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i2.1262
Aulia Nurjannah, Fitri Kumalasari, & Ismanto Ismanto. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Social Media Tiktok Shop. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(4), 79–95. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i4.1115
Destiny Priscillia Tandean, Gearen Wahyudi, Joseline Yap, Rayshella Angelina Djifri, & Rahmi Yulia Ningsih. (2024). Strategi Fadil Jaidi dalam Meningkatkan Visibilitas Produk melalui Endorsement dan Teknik Pemasaran terhadap Followersnya. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 3(2), 01–17. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v3i2.1567
Erawati, S. H., Amalia, N. S., Mauludin, H., & Liana, Y. (2023). Peran Brand Image Sebagai Moderator Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 30(2). https://doi.org/10.35606/jabm.v30i2.1276
Hidayah, N., & Nurfadilah, D. (2021). Faktor Yang Mendorong Minat Wirausaha Gen Z Menggunakan Platform E-Commerce. 3(1), 1–7. https://doi.org/10.59818/kontan.v3i1.171
Hillary, A. W. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Media Sosial Instagram. Ilmiah Multidisiplin, Volume 1(5), 283–290. file:///C:/Users/acer/Downloads/allicya.pdf
Hukum, J., & Syariah, E. (2024). J - HES. 08.
Huwaida, L. A., Yusuf, A., Satria, A. N., Darmawan, M. A., Ammar, M. F., Yanuar, M. W., Hidayanto, A. N., & Yaiprasert, C. (2024). Generation Z and Indonesian Social Commerce: Unraveling key drivers of their shopping decisions. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(2), 100256. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100256
Juliano Suwandi, & Puji Astuti. (2023). The Influence of Social Media Influencer Attributes, Perceived Friendship, Psychological Well-Being on Customer Loyalty on the Instagram Application. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(4), 811–830. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i4.3540
Kusumawardani, F. L., & Iriani, S. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Emotional Value Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Produk Endorse Outfit Wanita yang Dikenakan oleh Fadil Jaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2023(23), 254–267. https://doi.org/10.5281/zenodo.10130094
Lumban, E. P. (2022). Literature Review Faktor-Faktor yang Mempenagruhi E-commerce: Bisnis, Internet dan Teknologi (Literature Review Petilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 621–628. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i6
Nurfadilah, L. A., & Ridanasti, E. (2023). The Influence of Fadil Jaidi Influencer Attractiveness on Brand Engagement in Self-Concept, Brand Expected Values and Purchase Intentions on Recommended Products. Jurnal Economic Resource, 6(1), 200–213. https://doi.org/10.57178/jer.v6i1.653
Regina, T. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 13(1), 50–57. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.501
Riadi, R. A., Setyaningrum, I., & Kartikasari, C. Y. (2023). Peran Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Konsumen Saat Pembelian Online Pada Platform E-Commerce. Jurnal E-Bis, 7(2), 804–813. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1436
Saghfira, A., & Astuti, R. D. (2022). The Impact of S-Commerce Usage in Indonesia Towards Social Commerce Intention. Proceedings of the Brawijaya International Conference on Economics, Business and Finance 2021 (BICEBF 2021), 206(Bicebf 2021), 151–157. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220128.020
Teresya, R., Rizka Rahmah Nabiilah, & Safina Tunnajah. (2022). Literature Review E-Commerce: Profitabilitas, Tekanan Eksternal Dan Kemudahan Pengguna. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 474–484. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.979
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muslikha Irbah Zakiyah, Esti Purwaningtyas, Fredi Aldi Pratama, Edita Rachma Kamila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.