PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Muhammad Rizky Maulana Universitas Nahdlatul Ulama' Sidoarjo

Keywords:

Penilaian pelanggan online, Ulasan pelanggan online, Keputusan pembelian konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penilaian pelanggan online  dan ulasan pelanggan online  terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Shopee. Di era digital, ulasan dan penilaian  pelanggan telah menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan pemilihan produk konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan survei kepada 90 responden  pengguna aktif Shopee. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, review pelanggan online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan share sebesar 6,9%, dan review pelanggan online mempunyai pengaruh sebesar 16,1%. Sedangkan kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien determinasi sebesar 40,5%. Berdasarkan temuan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penilaian pelanggan online  dan ulasan pelanggan online berperan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Shopee.

References

Hair Et Al., “Author-Supplied Manuscript,” Vol. 46, Pp. 163–177, 2017, [Online]. Available: Http://Www.Scielo.Cl/Scielo.Php?Script=Sci_Arttext&Pid=S0718-50062021000400123&Lng=Es&Nrm=Iso&Tlng=Es

P. M. Putri And R. . Marlien, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), Vol. 5, No. 1, Pp. 25–36, 2022, Doi: 10.36778/Jesya.V5i1.510.

A. S. D. Titik Inayati, Mohamad Johan Efendi, “Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia,” J. Teknol. Dan Manaj. Ind. Terap., 2022.

L. T. Halila Titin Hariyanto, “Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan Star Seller Terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online Di Shopee,” 2021.

Muhamad Reza Mauli And Zulfebriges, “Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Media Online Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen Brand Erigo,” J. Ris. Manaj. Komun., Pp. 49–53, 2022, Doi: 10.29313/Jrmk.V2i1.1006.

Y. Wang, J. Kim, And J. Kim, “The Financial Impact Of Online Customer Reviews In The Restaurant Industry: A Moderating Effect Of Brand Equity,” Int. J. Hosp. Manag., Vol. 95, No. March 2020, P. 102895, 2021, Doi: 10.1016/J.Ijhm.2021.102895.

A. T. M. Sayfuddin And Y. Chen, “The Signaling And Reputational Effects Of Customer Ratings On Hotel Revenues: Evidence From Tripadvisor,” Int. J. Hosp. Manag., Vol. 99, P. 103065, 2021, Doi: 10.1016/J.Ijhm.2021.103065.

N. Krey, S. Wu, S. H. (Steven) Hsiao, And T. L. J. Lin, “The Joint Effect Of Online Reviews And Manager Responses In Driving Company Ratings,” Tour. Manag. Perspect., Vol. 50, No. May 2023, P. 101215, 2024, Doi: 10.1016/J.Tmp.2023.101215.

P. Arbaini, “Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia,” J. Bisnis Dan Manaj., Vol. 7, No. 1, Pp. 25–33, 2020, Doi: 10.26905/Jbm.V7i1.3897.

T. A. Liswandari, “Pengaruh Harga, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Tehadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Anton Eko Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya,” 2023.

T. Wahyudi And B. H. R, “Online Customer,” J. Ris. Manaj., Vol. 19, Pp. 1–7, 2019.

G. Lackermair, D. Kailer, And K. Kanmaz, “Importance Of Online Product Reviews From A Consumer’s Perspective,” Adv. Econ. Bus., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–5, 2013, Doi: 10.13189/Aeb.2013.010101.

Z. F. Auliya, M. Rifqi, K. Umam, And S. K. Prastiwi, “Online Customer Review (Otrs) Dan Rating Kekuatan Baru Pada Pemasaran Online Di Indonesia,” Pp. 89–98, 2017.

A. Farki And I. Baihaqi, “Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia,” J. Tek. Its, Vol. 5, No. 2, 2016, Doi: 10.12962/J23373539.V5i2.19671.

E. S. P. Ningsih, “Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee,” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019.

P. Latifa And W. Harimukti, “Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention,” Int. Conf. Ethics Business, Econ. Soc. Sci., Vol. 1, Pp. 255–263, 2016.

D. Solihin, “The Effect Of Customer Trust And Promotion On Consumer Purchasing Decisions At Mikaylaku Online Shop With Purchase Intention As An Intervening Variable,” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknol., Vol. 4, No. 1, Pp. 38–51, 2020.

I. Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, Marketing 4.0. Pt Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Nopriani, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis Abc (Studi Ud. Toko Harapan Besar Di Desa Suka Maju Dk 4d),” J. Adm. Bisnis, Vol. 1, No. 1, P. 6, 2016.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE. (2024). Jurnal Imagine, 4(2), 93-103. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/imagine/article/view/1315