GELIAT MUSEUM LONTAR DI ERA MILENIAL

Authors

  • I Gusti Ngurah Made Wirawan Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Gede Suyoga Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Kadek Yuni Utami Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Museum Lontar Gedong Kirtya, Culture, Trend, Milenial.

Abstract

Budaya Bali bukan hanya seni dan ritual, ternyata ada ribuan catatan dan literasi berusia ratusan tahun yang masih tersimpan di Bali. Leluhur masyararkat Bali mencatat banyak sekali aturan, tips, tatacara mulai dari kehidupan hingga kematian. Semua catatan itu tersimpan dan terjaga dengan baik di tempat bernama Museum Lontar Gedong Kirtya. Museum lontar memiliki banyak fungsi mulai dari edukasi, tempat, konservasi hingga rekreasi. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, museum bukan lagi menjadi lokasi tujuan bagi milenial untuk menggali informasi. Museum-museum di Indonesia saat ini harus memperhatikan generasi milenial yang saat ini menjadi salah satu potential market atau sektor pariwisata. Generasi milenial memiliki minat untuk melakukan eksplorasi, traveling, generasi milenial juga pintar, memiliki jaringan, dan aktif dalam menggunakan teknologi maupun social media. Generasi milenial yang cinta dengan museum merupakan cerminan dari implementasi revolusi mental sehingga warisan kebudayaan asli Indonesia dapat semakin dilestarikan dan juga menguatkan jati diri dan karakter bangsa. Demi menarik minat generasi milenial terhadap museum lontar, maka perlu adanya perubahan pola pikir dari pengelola museum, melibatkan komunitas atau professional untuk membantu mengelola kegiatan museum, melakukan perubahan mulai dari “tata pamer”, hingga bentuk fisik bangunan seperti adanya peralatan IT agar pengunjung dapat lebih interaktif, hingga menyediakan café instagramable yang dapat dinikmati para pengunjung, serta program-prograrm yang dibuat sesuai dengan zaman saat ini, agar dapat terus mengikuti perkembangan di era digital sehingga dapat menarik generasi milenial.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)