Perancangan Kantor Clothing Line Brand Drop Di Seminyak, Bali

Authors

  • Yogik Adnyana Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Brand, multifungsi, kontemporer, industrial

Abstract

Perkembangan brand lokal khususnya pada produk pakian semakin lama semakin meningkat, hal ini diiringi dengan kualitas produk yang kian membaik sehingga menarik banyak konsumen. Target pasar yang meningkat datang dari kalangan generasi millenial yang memiliki sifat konsumtif tinggi. Beragam jenis pakaian yang dijual dipasaran kini memiliki sistem penjualan yang berfokus pada sistem online ataupun memasarkan pada e-commerce. Fenomena ini berdampak pada kebutuhan dari ruangan yang memiliki multifungsi sehingga mampu menjalankan berbagai aktivitas didalamnya. Melihat permasalahan yang ada, maka dalam perancangan ini metode  sintesa  yang  akan  digunakan  adalah  metode  sintesa  pragmatik.  Metode pragmatik  menentukan  sebuah  tema  dan  konsep  dari  permasalahan  yang  ada  dan  bagaimana  cara memecahkan masalah itu sendiri. Pada metode ini ada beberapa  proses seperti transformasi, skematik desain, dan yang terakhir adalah mendapatkan konsep dan tema yang sesuai untuk perancangan. Sehingga pada perancangan ini akan fokus menyelesaikan permasalahan yang ada, yaitu memberikan ruang creative bagi local brand serta memberikan kebutuhan ruang yang tepat bagi brand local dengan menerapkan tema kontemporer industrial. Harapannya dengan solusi yang diberikan pada perancangan ini mampu menjawab kebutuhan bagi pelaksana usaha mode pada era baru yaitu pendirian kantor usaha clothing line secara daring.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Perancangan Kantor Clothing Line Brand Drop Di Seminyak, Bali. (2022). Jurnal ISpectrum, 1(2), 132-146. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/ispectrum/article/view/481