PERANCANGAN INTERIOR RUMAH MAKAN PINK TEMPONG, BALI DENGAN PENERAPAN BRAND IDENTITY

Authors

  • Jeannyfer Leonora Program Studi Desain Interior, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif, Petra Christian University
  • Sriti Mayang Sari Program Studi Desain Interior, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif, Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v7i1.1165

Keywords:

rumah makan, brand identity, customer, pink tempong

Abstract

Industri kuliner adalah sektor yang sangat diminati oleh masyarakat dan memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan pendapatan nasional. Khususnya di Pulau Bali, yang merupakan destinasi wisata terkenal, bisnis kuliner menjadi prospek usaha yang sangat menjanjikan. Usaha makanan khas suatu daerah, seperti rumah makan Pink Tempong yang menyajikan kuliner autentik tradisional khas Banyuwangi, memiliki potensi besar untuk menjadi bisnis yang menguntungkan di Bali. Namun desain yang monoton dan kurang berkesan bagi pengunjung dapat menjadi kendala. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan elemen desain, terutama aspek warna yang sesuai dengan branding dapat menjadi salah satu solusi untuk menciptakan pengalaman baru bagi pengunjung saat mengunjungi rumah makan Pink Tempong. Perancangan rumah makan Pink Tempong memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan memperkenalkan desain interior baru yang disusun dengan lebih memperhatikan estetika dan brand identity yang diimplementasikan pada interiornya. Perubahan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan semakin memikat bagi para customer. Perancangan menggunakan metode Design Thinking dengan serangkaian tahap, berupa understand, observe, point of view, ideate, prototype, test, story telling, pilot hingga bussines model. Hasil akhir penelitian berupa perancangan desain interior rumah makan dengan konsep The Tropical of Monyor - monyor dengan pengaplikasian citra perusahaan yang dapat meningkatkan pengalaman bagi pengunjung. 

Kata Kunci: rumah makan, brand identity, customer, pink tempong

References

D. A. Putri and R. Sarudin, “PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION TAMU DI SWISS-CAFE RESTAURANT LAMPUNG,”. Jurnal Ilmiah Global Education, vol. 4 No. 3, pp. 1845–1853. 2023.

D. P. W. Subagioa and B. Sutikno, “LOYALITAS GEN MILLENIAL PADA MAKANAN LOKAL TRADISIONAL DENGAN AUTENTISTAS MAKANAN SEBAGAI PENENTU KEPUASAN KONSUMEN,”. Seminar Nasional dan Call For Paper 2023 dengan tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045” PSGESI LPPM UWP, vol. 10 No. 1, pp. 415–427. 2023.

T. K. A. I, “Efek Impresi Visual Penataan Cahaya dan Warna dinding pada Ruang Makan di Restoran,” etd.repository.ugm.ac.id, Internet: https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/163102, 2018 [Apr. 09, 2024].

A. H. Pranata and R. D. Nazar, “Penerapan Warna Dalam Menciptakan Interior Branding Pada Restoran Cepat Saji Mcdonald’s,”. Internet: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3624/, 30 September, 2020 [Apr. 09, 2024].

N. Larasati, “REPRESENTASI KULINER DALAM KEHIDUPAN POSMODERN PADA NOVEL ARUNA DAN LIDAHNYA KARYA LAKSMI PAMUNTJAK CULINARY REPRESENTATIONS IN POSTMODERN LIFE ON NOVEL ARUNA DAN LIDAHNYA BY LAKSMI PAMUNTJAK.” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. vol. 7 No. 3, pp. 301-312. 2018

I. K. Sudardana and A. D. Adjiananda, “UPAYA ROOM SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI GRAND PURI SARON BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA,” Jurnal Nusantara. vol. 4 No. 2, pp. 14–32. 2021.

M. Togar Mulya Raja, V. Haristianti, and D. Ananda, “Studi Aplikasi Corporate Identity Pada Elemen Interior Kantor Telkom Indonesia,” Jurnal Desain Interior.vol. 5, no. 1, pp. 2549–2985, 2020.

D. Thejahanjaya and Y. H. Yulianto, “PENERAPAN PSIKOLOGI WARNA DALAM COLOR GRADING UNTUK MENYAMPAIKAN TUJUAN DIBALIK FOTO,” Jurnal DKV Adiwarna, vol. 1 No. 0 pp. 9. 2022.

S. S. Sugesti, “Strategi Pemasaran 7P Restoran Bertema Autentik di Bale Raos sebagai Potensi Wisata Kuliner di Area Keraton Yogyakarta,” Media Wisata, vol. 19 No. 2, pp. 198–205. 2021.

S. Melda Kolo and G. Sri Darma, “Faktor-Faktor Terpenting Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Jaringan 4G di Denpasar,” Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 17 No. 1, pp. 57. 2020.

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

PERANCANGAN INTERIOR RUMAH MAKAN PINK TEMPONG, BALI DENGAN PENERAPAN BRAND IDENTITY . (2025). Jurnal Nawala Visual, 7(1), 55-64. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v7i1.1165