PERANCANGAN KEMASAN MERCHANDISE HANDLE BOX BEYONDLY ESSENTIAL OILS YANG MENARIK DAN EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v7i1.1220Keywords:
Essential Oil, packaging design, merchandise, promosiAbstract
Essential oil merupakan minyak yang berasal dari ekstraksi tumbuh-tumbuhan alami yang didapat dari proses distilasi. Essential oil merupakan salah satu produk dari sektor wellness yang kini sedang berkembang di Indonesia. Beyondly merupakan salah satu produk lokal indonesia yang memiliki konsep produk Holistic Wellness. Untuk mencapai konsep tersebut, Beyondly memiliki nilai healthy inside, healthy outside, dan healthy in mind. Beyondly Essential Oil merupakan manifestasi dari nilai healty in mind. Berdiri sejak tahun 2022, Beyondly memerlukan suatu strategi untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Hal ini disebabkan kebanyakan konsumen lebih memilih brand yang sudah besar dan terdahulu karena terbatasnya pengetahuan terhadap merek-merek essential oil lokal yang ada. Metode penelitian yang dipilih merupakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data-data dan solusi permasalahan. Dari data yang telah dikumpulkan, ditemukan bahwa konsumen menyukai merchandise yang diberikan perusahaan karena dapat digunakan sehari-hari. Merchandise reed diffuser dipilih pada perancangan ini untuk menjadi solusi kreatif atas permasalahan yang ada. Dirancang dengan tahapan konsep perancangan, konsep visual, strategi kreatif, dan implementasi visual terhadap media utama. Memiliki strategi kreatif dengan pemanfaatan packaging handle box diharapkan dapat mempermudah konsumen untuk membawa produk. Dilengkapi dengan slot sample kit diharapkan dapat membantu konsumen untuk mengingat aroma Beyondly Essential Oil.
References
N. Nugraha, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Komoditas Minyak Nilam di Jawa Barat,” Universitas Indonesia, Depok, 2008.
A. Sulistyani, “Effectiveness of Essential Oil As Larvacide On Aedes Aegypti,” J Matority, vol. 4, no. 3, p. 25, 2015.
Maputo, “Harumnya Essential Oil Indonesia Hingga ke Mancanegara,” Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Accessed: Aug. 17, 2024. [Online]. Available: https://kemlu.go.id/portal/id/read/2382/berita/harumnya-essential-oil-indonesia-hingga-ke-mancanegara
O. A. Hapsari, “Serba-serbi Minyak Atsiri Indonesia dan Potensi Pengembangannya untuk Pasar Internasional,” BISIP BSIP. Accessed: Aug. 17, 2024. [Online]. Available: https://bisip.bsip.pertanian.go.id/berita/serba-serbi-minyak-atsiri-indonesia-dan-potensi-pengembangannya-untuk-pasar-internasional
M. A. Holdsworth, “Health, Wellness and Wellbeing,” Rev. Interv. Économiques, vol. 62, pp. 2–3, 2019.
V. I. Azis, “Potensi Bisnis Essential Oil.” Universitas Andalas, 2020. [Online]. Available: http://repo.unand.ac.id/32278/2/Potensi%20Bisnis%20di%20Era%20Covid%2019.pdf
B. W. H. Putra, Nurhajati, and A. R. Slamet, “Pengaruh Merchandise, Promosi dan Atmosfir Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada BSM Sengkaling),” E-JRM Elektron. J. Ris. Manaj., vol. 6, no. 4, 2017.
A. D. Pratama and D. A. Nisa, “Perancangan Merchandise untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Media Pendukung Thrift Second,” Neraca Manaj. Ekon., vol. 2, no. 3, 2023.
Z. Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif, 1st ed. Makassar: Syakir Media Press, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azzahrra Raditya Widyalaqsmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.