PERANCANGAN IKLAN DIGITAL PRODUK AYUKA FLOWER BERBASIS MOBILE

Keywords: Iklan digital, Google web designer, Design sprint

Abstract

A B S T R A C T

Technological developments are becoming increasingly rapid, especially with the internet facility that makes it easy for the public to obtain information anytime and anywhere. The development of media applications has also improved the way a company advertises. Nowadays, product advertising can be done through the website. Design sprint method is used in designing digital advertisements for ayuka flower products. Design sprint method has 5 stages, understand, diverge, decide, prototype, and validate. This research produced a mobile-based digital advertisement using Google Web Designer.

A B S T R A K

Perkembangan teknologi menjadi semakin pesat, terutama dengan adanya sarana internet yang memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi kapanpun dan dimanapun.  Perkembangan aplikasi media turut menyempurnakan cara beriklan suatu perusahaan. Di zaman sekarang ini, iklan produk dapat dilakkan melalui website. Metode design sprint digunakan dalam perancangan iklan digital produk ayuka flower. Metode design sprint memiliki 5 tahapan, yaitu understand, diverge, decide, prototype, dan validate. Penelitian ini menghasilkan sebuah iklan digital berbasis mobile menggunakan Google Web Designer.

Author Biography

Anung Rachman, Institut Seni Indonesia Surakarta

Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

[1] Irawan Y, “Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping”. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research.2019
[2] Lasmery RM Girsang, “Pengukuran Efektivitas Iklan (Studi Komparasi: Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Online)”. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(2). 2017
[3] Supriyono, A. H. Y, "New Media Dan Strategi Periklanan (Analisis diskursus youtubers sebagai stealth marketing)". Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9, 17–31. 2019
[4] Wahyuni, T., & Susanto, M. T, "Perancangan Website Periklanan Dengan Fasilitas Reviewer Iklan Menggunakan Php Dan Mysql". INFOTECH Journal, 4(2), 1–5. 2018
[5] Rahmad, A. N., & Pribadi, F. S, "Perancangan Aplikasi, 'Studi Al-Qur’an Intensif’ Berbasis Website dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Studi Al-Qur’an Intensif UINSA)". Edu Komputika Journal, 7(1), 33–43 . 2020
[6]Ramadan, R., Muslimah, A.-Z. H., & Rokhmawati, R. I, "Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus PT. Arta Elektronik Indonesia)". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(9), 8831–8840. 2019
[7]Data Reportal. Digital dara Indonesia 2021, Internet:https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia [12 Mei 2021]
Published
2021-10-28
How to Cite
Rahmaningtyas, R., & Rachman, A. (2021). PERANCANGAN IKLAN DIGITAL PRODUK AYUKA FLOWER BERBASIS MOBILE. Jurnal Nawala Visual, 3(2), 76-80. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i2.233