KAJIAN BAHASA RUPA RELIEF MONUMEN PERJUANGAN NANI WARTABONE

  • Muhammad Isla Universitas Ichsan Gorontalo
Keywords: Monumen Perjuangan Nani Wartabone, Bahasa Rupa, Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengkaji relief monumen perjuangan Nani Wartabone dari segi bahasa rupa serta untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Gorontalo makna dari relief monumen perjuangan Nani Wartabone serta untuk mendeskripsikan kajian bahasa rupa dari relief tersebut. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penulis mengamati secara rinci latar belakang serta hal-hal yang terkait dengan monumen perjuangan Nani Wartabone, hasil penelitian ini memungkinkan penulis untuk mengetahui makna relief monumen Perjuangan Nani Wartabone dari segi bahasa rupa serta penulis juga dapat mengetahui sejarah dari monumen tersebut. Monumen perjuangan Nani Wartabone mempunyai nilai sejarah yang kuat bagi masyarakat Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian yang diperoleh penulis cukup baik karena terdapat beberapa narasumber yang cukup membantu dalam proses penulisan penelitian ini, kesimpulan atau hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa penulis dan masyarakat dapat mengetahui makna monumen perjuangan Nani Wartabone berdasarkan kajian bahasa rupa.

References

[1] Sumartono, (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF SENI RUPA DAN DESAIN. Jakarta : Universitas Trisakti.
[2] Kartodirdjo, (1994). SEJARAH LOKAL GORONTALO. Gorontalo: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo.
[3] Primadi, Tabrani, (2018). BAHASA RUPA. Bandung : Kelir
[4] Moeliono, 2016. 23 JANUARI 1942 DAN NASIONALISME NANI WARTABONE (Edisi Revisi) Gorontalo : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo.
[5] Isla, Muhammad. “KAJIAN VISUAL PATUNG MONUMEN PERJUANGAN NANI WARTABONE MELALUI LATAR BELAKANG DAN VISUALISASINYA” Jurnal Artic Universitas Komputer Indonesia (2020) ISSN 2715-2618 (2020).
Published
2021-10-28
How to Cite
Isla, M. (2021). KAJIAN BAHASA RUPA RELIEF MONUMEN PERJUANGAN NANI WARTABONE. Jurnal Nawala Visual, 3(2), 87-92. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i2.246