KAJIAN SEMIOTIKA APLIKASI LOGO FACEBOOK DAN MASSENGER

  • Siska Udilawaty Universitas Ichsan Gorontalo
Keywords: Semiotika, ikon, indeks, symbol, facebook, messenger

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kajian Semiotika Logo Aplikasi Facebook dan Massenger” . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menjelaskan dan mendeskripsikan  makna logo Facebook dan Massenger berdasarkan unsur – unsur ikon, indeks dan simbol menggunakan teori Charles Sanders Peirce. Metode penelitan yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah untuk menganalisis, menjelaskan dan mendeskripsikan serta mengenal tanda ataupun symbol – symbol yang ditemukan pada logo facebook dan messenger penelitian ini dapat dikaitkan dengan analisis semiotika karena didalamnya terdapat tanda makna tersembunyi untuk mengetahui makna ikon, Indeks, dan symbol pada aplikasi tersebut.

References

[1] Wikipedia : Internet Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Logo, 7 September 2021
[2] Kusrianto, Adi.Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi. (2009).
Jefkins, Frank, Public Relations, Jakarta, Erlangga. 1995.
[3] Sultanatta, Canditra, And Siti Maryam. "Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)." Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi 1.1 (2019).
[4] Wulandari, Sovia, And Erik D. Siregar. "Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks Dan Simbol) Dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal." Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 4.1 (2020): 29-41.
[5] Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama. (2009).
[6] Kotler, Philip.. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Kontrol. Jakarta : Pt. Prehallindo. 1991
[7] Sukma Niarty. “ Kajian Semiotika Logo Aplikasi Media Sosial” Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Bitstream/123456789/1396/1/Skripsi%20semiotika.Pdf, 7 September 2021
Published
2021-10-05
How to Cite
Udilawaty, S. (2021). KAJIAN SEMIOTIKA APLIKASI LOGO FACEBOOK DAN MASSENGER. Jurnal Nawala Visual, 3(2), 99-104. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i2.250