PERANCANGAN PROMOSI WISATA BUDAYA KAMPUNG NAGA TASIKMALAYA

Authors

  • Muhammad Iqbal Tawaqal Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i2.417

Keywords:

Promosi, Wisata Budaya, Event

Abstract

Jurnal ini berisikan tentang strategi promosi yang tepat sesuai dengan permasalahan dari Kampung Naga. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang promosi meningkatkan jumlah pengunjung Kampung Naga. Maka solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat perancangan strategi promosi sesuai dengan pemasukan yang di miliki Dinas Pariwisata dan Budaya Kab. Tasikmalaya, sebagai payung yang mawadahi Kampung Naga. penulis melakukan upaya promosi dengan menggunakan berbagai macam media berdasarkan strategi yang digunakan yaitu AISAS. Penulis menggunakan AISAS berdasarkan analisis dan perkembangan zaman ini, strategi yang penulis gunakan ialah menjadikan Kampung Naga sebagai destinasi wisata budaya yang nyaman dan edukatif bagi konsumen, dengan menggunakan konsep “Event Trip” acara ini bertajuk “Time Travel to Kampung Naga”. Dengan menggunakan strategi tersebut diharapkan perancangan media ini menjadi solusi permasalahan dari Kampung Naga.
Kata Kunci: Promosi, Wisata Budaya, Event

 

References

[1] Rangkuti Freddy. 2015. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
[2] Meleong, Lexy J. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
[3] Moriarty, Sandra, dkk. 2009. Advertising Edisi Kedelapan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
[4] Nazir. (1998). Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
[5] B. Ardhiyanto Eka. H. 2013. Perancangan Media Promosi Objek Wisata Di Pantai Glaga Kulon Progo. Tugas Akhir. Tidak di terbitkan. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.
[6] Ira Wirasari, 2017. Politik Warna Kulit Perempuan dalam Dunia Periklanan : Penerbit PT Kanisus
[7] Bagyono (2005).Pariwisata dan Perhotelan. Surakarta: Alfabeta.
[8] Gromag, Frans (2003).Teori Kebudayaan dan Pariwisata.Jakarta: Perca
[9] Kusrianto, Andi (2009).Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:Penerbit Andi
[10] Lee, Monle dan Carla Johnson (2007).Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Persfektif Global.Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
[11] Rif’ati, Heni Fajria (2002).Kampung Adat dan Rumah Adat. Bandung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisatan Provinsi Jawa Barat
[12] S, E. S., & Charliyan, A. (2010).Menguak Tabir Kampung Naga.CV. Danan Jaya

Published

2022-10-28

How to Cite

PERANCANGAN PROMOSI WISATA BUDAYA KAMPUNG NAGA TASIKMALAYA. (2022). Jurnal Nawala Visual, 4(2), 94-99. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i2.417