PERANCANGAN ILUSTRASI PADA BUKU “MEONGPEDIA” SEBAGAI EDUKASI MEMELIHARA KUCING DOMESTIK
DOI:
https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v6i1.526Keywords:
Kucing Domestik, Digital Painting, Ilustrasi, Memelihara Kucing, Buku ilustrasi edukatif “Meongpedia”Abstract
Kucing atau nama ilmiahnya felis catus merupakan hewan peliharaan yang paling pupuler dan dekat dengan manusia, selain ikan hias dan anjing. Terdapat beberapa jenis kucing di Indonesia, salah satunya adalah jenis kucing domestik. Kucing jenis ini memiliki permasalahan populasi yang berlebih, namun belum ada media yang memberikan edukasi tentang kehidupan kucing domestik untuk menekan populasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan membuat media edukasi memelihara kucing domestik berupa visual grafis digital painting bagi pecinta kucing yang ingin memelihara kucing serta mengajaknya untuk mengadopsi kucing domestik. Karena bukan hanya memberi makan, tetapi dalam memelihara kucing juga membutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan komitmen yang besar. Sehingga diperlukannya sebuah edukasi yang memuat kebutuhan kucing domestik. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode perancangan yang diawali dengan teknik pengumpulan data dari berbagai sumber seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner lalu dianalisis menjadi konsep perancangan menjadi hasil desain. Hasil penelitian ini merupakan buku ilustrasi edukatif “Meongpedia” Panduan Memelihara Kucing Domestik tentang cara memelihara kucing domestik bagi pecinta dan pemula. Buku panduan memelihara kucing dengan ilustrasi tidak monoton dapat menarik perhatian pembaca melalui visual digital painting yang informatif sehingga buku ilustrasi ini dapat menjadi media edukasi yang layak.
Kata Kunci: Kucing Domestik, Visual Grafis, Digital Painting, Ilustrasi, Memelihara Kucing, Buku ilustrasi edukatif “Meongpedia”
References
[2] C. Effendi and B. N.S, Kucing complete guide book for your cat, 1st ed. Jakarta: AgriFlo (Penebar Swadaya Grup), 2014.
[3] Kumparan, “Menerka Jumlah Kucing di Jakarta hingga Tahun 2021,” Website, 2019. https://kumparan.com/kumparannews/menerka-jumlah-kucing-di-jakarta-hingga-tahun-2021-1547206689104270805/full (accessed Jul. 12, 2022).
[4] S. A. Muhammad and N. M. Rodame, Panduan Lengkap Kucing, 1st ed. Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.
[5] R. Wulandari, “Mengenali Karakter Kucing dari Warna Bulunya, Benarkah Kucing Oren Sangat Barbar dan Tukang Rusuh?,” Website, 2022. https://www.beautynesia.id/life/mengenali-karakter-kucing-dari-warna-bulunya-benarkah-kucing-oren-sangat-barbar-dan-tukang-rusuh/b-255671 (accessed Jul. 12, 2022).
[6] Masnuna, Pengantar Ilustrasi, 1st ed. Sidoarjo: Indomedia Pustaka, 2018.
[7] D. A. Adnas, “Perancangan dan Pengembangan Buku Cerita Ilustrasi tentang Kisah Nabi Muhammad Saw:‘Keistimewaan Kucing’ dengan Teknik Digital Imaging,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 03, no. 01, pp. 37–56, 2022, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/joint/article/view/6557%0Ahttps://journal.uib.ac.id/index.php/joint/article/download/6557/2289
[8] PortalDekave, “Inilah 6 Elemen Dasar Dalam Visual Desain,” Website, 2022. https://www.portaldekave.com/artikel/elemen-dasar-dalam-visual-desain (accessed Jul. 12, 2022).
[9] A. A. G. A. C. Bayu and I. G. Yudarta, “Kajian Elemen-elemen Visual Tampilan Akun Instagram Anddana. co,” Prabangkara J. Seni Rupa dan Desain, vol. 24, pp. 35–40, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1124%0Ahttps://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/download/1124/520
[10] A. M. Noor, D. N. I. Kusumawati, and A. Arthono, “… Dan Makna Desain Rupa Penanda Gapura Dan Banner Penyampai Informasi Pengelolaan Dan Pengolahan Sampah (Tps) Di Duren Villa …,” … J. Pengabdi. pada …, vol. 5, pp. 108–119, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/4986
[11] P. Snades, D. K. Interdisipliner, and E. Digital, “Makna dan Fungsi Periklanan, Periklanan desain Poster, UMKM Tradisonal Bir Pletok, Teori Semiotika.,” pp. 253–259, 2022.
[12] D. N. I. K. Kusumah, Wisnu Indra, W. Wibisono, and A. D. Darma, “DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM BIR PLETOK SEBAGAI BRANDING MENINGKATKAN CITRA MINUMAN KHAS TRADISIONAL JAKARTA DI MASA COVID-19,” SNADES, 2021, [Online]. Available: http://repository.upnjatim.ac.id/2930/1/046 - WISNU INDRA KUSUMAH %5B339-345%5D.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andini Rizka, Abidin Muhammad Noor, Desiana Nur Indra Kusumawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.