PERANCANGAN IKLAN MOTION GRAPHIC VIDEO SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI INSTAGRAM EASYLINE CREATIVE SPACE
DOI:
https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v6i1.528Keywords:
Kata Kunci: motion graphic video, mural graffiti, toko graffiti, EasyLine Creative Space, promosiAbstract
EasyLine Creative Space merupakan sebuah UMKM berjenis ruang kreatif yang terdiri dari EasyLine Graffiti Store untuk penjualan kebutuhan mural graffiti dan Mural Jakarta untuk jasa mural. EasyLine Creative Space kurang memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi, hal itu menyebabkan masyarakat kurang mengetahui keberadaan produk, jasa dan kegiatan dari EasyLine Creative Space. Tujuan perancangan ini adalah untuk membuat motion graphic video yang informatif dan kreatif tentang produk dan jasa dari EasyLine Creative Space yang menarik untuk seniman mural graffiti serta penghobi baru mural graffiti, dengan konsep visual yang bertemakan mural graffiti, dan juga membuat typografi yang mudah dibaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, observasi terhadap owner EasyLine Creative Space, wawancara untuk mengetahui awal berdirinya , EasyLine Creative Space dan penyebaran kuesioner terhadap target perancangan. Perancangan ini menghasilkan tiga seri motion graphic video sebagai media promosi dari EasyLine Creative Space yang akan di posting di media sosial Instagram EasyLine Creative Space. Dengan perancangan ini diharapkan informasi produk, jasa dan kegiatan dari EasyLine Creative Space lebih dikenal banyak orang. Siapa pun akan setuju jika melihat iklan berbentuk audio visual lebih baik daripada cetak tidak terkecuali animasi. Motion graphic video ini tidak hanya menyegarkan mata, tapi juga berguna untuk mempercepat penyampaian informasi.
Kata Kunci: motion graphic video, mural graffiti, toko graffiti, EasyLine Creative Space, promosi.
References
[2] J. M. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
[3] Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1993.
[4] R. P. W, Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Jakarta: Gramedia, 2021.
[5] M. Susanto, Diksi Rupa. Yogyakarta: Kanisius, 2002.
[6] T. S. Sean Adams, Noreen Morioka, Logo Design Workbook: A Hands-On Guide to Creating Logos. Rockport Publishers, 2006.
[7] G. Rebecca, Exploring Motion Graphics. Thompson Delmar Learning, a Division of Thomson Learning Inc., 2007.
[8] R. W. W. T. P. Desiana Nur Indra Kusumawati, Wisnu Indra Kusumah, “MAKNA DAN FUNGSI PERIKLANAN DESAIN POSTER SEBAGAI PROMOSI PRODUK MINUMAN TRADISIONAL BIR PLETOK KHAS JAKARTA,” Pros. SNADES 2022, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sahal Nur Wahyu Lutfiantomo, Kusnadi ., Ateng Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.