PERANCANGAN DESAIN LOGO UNTUK APLIKASI WEB DAN ANDROID "NULISBALI"

  • Rizkita Ayu Mutiarani STMIK STIKOM Indonesia
  • Dwi Novitasari STMIK STIKOM Indonesia
  • I Gede Andika STMIK STIKOM Indonesia
Keywords: logo, aplikasi, aksara, Bali, NulisBali

Abstract

Aksara Bali adalah aksara tradisional masyarakat dan berkembang di Pulau Bali. Aksara Bali memiliki keunikan dari bentuknya yang hampir sama satu dengan lainnya, dan beberapa tulisan hanya dibedakan oleh satu guratan garis. Aksara Bali merupakan huruf asli masyarakat Bali sebelum dikenalnya huruf latin, aksara Bali sering ditemui pada bacaan kuno, sastra kuno dan kitab suci yang ditulis pada daun lontar.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali untuk melestarikan aksara Bali adalah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 80 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan Bahasa, aksara dan sastra Bali, serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Aplikasi NulisBali yang tergolong baru dan belum adanya identitas visual yang menjadikannya lebih dikenal oleh masyarakat. Perancangan logo aplikasi NulisBali sangat diperlukan selain sebagai identitas visual, logo juga harus memiliki karakteristik khas yang menggambarkan tentang sebuah aplikasi transliterasi teks latin ke dalam aksara Bali.

References

• Referensi dari buku
[1] A. Sachari, Y.Y. Sunarya. Sejarah dan Perkembangan Desain dan Dunia Kesenirupaan di Indonesia. Bandung: Institut Teknologi Bandung. 2002.
[2] Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 1989.
[3] Bohar, Soeharto. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dam Teknik. Bandung: Tarsito. 1987.
[4] Carter, David E. The New Big Book of Logos. New York: HBI. 2000.
[5] Cenadi, Suharto, C. Corporate Identity, Sejarah dan Aplikasinya. Makalah – Jurusan Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Universitas Kristen Petra. Jakarta. 1999
[6] Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.
[7] Hendratman, H. Compuer Graphic Design, Edisi Revisi ke-3. Bandung: Informatika. 2017.
[8] Kusrianto, A. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2007.
[9] Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2005.
[10] Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1985
[11] Rustan, Surianto. Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2008.
[12] Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia. 2009.
[13] Sachari, Agus dkk. Sejarah Dan Perkembangan Desain Dan Dunia Kesenirupaan Di Indonesia. Bandung: Institut Teknologi Bandung. 2002.
[14] Safaat, N.H. Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Bandung: Informatika. 2011.
[15] Samara, Timothy. Design Elements A Graphic Style Manual. New York: Rockport Publisher. 2007.
[16] Sanyoto, Sadjiman Ebdi, Drs. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta. 2005.
[17] Sarwono. Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2007.
[18] Sugiyono. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.
[19] Sularko, H., V. Prawata, M. Widranata. How Do They Think. Jakarta: Mosher Publishing. 2008.
[20] Supriyono, Rakhmat. Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi. 2010.
[21] Syifaun, Nafisah. Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2003.
[22] Tinarbuko, Sumbo. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra. 2009.
[23] Tony Thwaites. Llyd Davis, Warwick Mules. Introducing Cultural And Media Studies. Yogyakarta & Bandung: Jalasutra. 2009.

• Referensi dari artikel jurnal
[1} Agung, BW, Hermanto. G. R, Retno, N.D. Pengenalan Huruf Bali dengan Menggunakan metode Modified Direction Feature (MDF) dan Learning Vector Quantization (LVQ). Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2009. Bali, November 14, KNS&I09-002. 2009.
[2] Hamdi., Krisnawati. Membangun Aplikasi Berbasis Android “Pelajaran Psikotes” Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi. Volume 12. 2011.
[3] Rosella., Gogor., & Hen. Perancangan Logo & Corporate Identity Hotel Gowin Bali. Jurnal DKV Adiwara, Universitas Kristen Petra. Volume 1 Nomer 2. 2013.
[4] Sumbo Tinarbuko. Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jurnal NIRMANA. Volume 5. 2003.
[5] Wibisono., Dedi Sarwo., & Kumumandyoko, T.C. Perancangan Logo Wisata Pantai Banyu Tibo Kabupaten Pacitan. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. Volume 05 Nomer 01. Halaman 1-7. 2017.
Published
2020-05-02
How to Cite
Mutiarani, R., Novitasari, D., & Andika, I. (2020). PERANCANGAN DESAIN LOGO UNTUK APLIKASI WEB DAN ANDROID "NULISBALI". Jurnal Nawala Visual, 2(1), 25-32. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.67