PERANCANGAN PROMOSI TUKANG SAYOER ONLINE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Authors

  • Janapriya Adi Kurata Univesitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

DOI:

https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2.80

Keywords:

Perancangan Promosi, Brand Awareness, Sayur Ritel Modern

Abstract

Tukang Sayoer Online (TSO) merupakan usaha yang bergerak di penjualan ritel sayur modern, berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Ruko Makutoromo 21B, Salatiga, Jawa Tengah. Penjualan yang dilakukan TSO sebenarnya sudah dilakukan secara online (sosial media Instagram, Whatsapp), dan secara offline (toko fisik). Permasalahannya setelah 1 tahun berjalan, TSO merasa penjualan yang dilakukan tidak banyak berkembang, didukung dengan tidak banyak interaksi di sosial media & media pemesanan, serta kurangnya awareness dari target konsumen terhadap brand TSO. TSO dirasa masih membutuhkan promosi untuk dapat meningkatkan awareness masyarakat dan target konsumen. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan proses observasi dan wawancara kepada pemilik usaha, pelanggan, serta target konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis target audience.

Proses perancangan dilakukan berdasar teori bauran pemasaran 7P dan pendekatan dengan teori komunikasi AIDA.  Hasil dari perancangan ini yaitu strategi promosi, dan perancangan media primer dan sekunder.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

PERANCANGAN PROMOSI TUKANG SAYOER ONLINE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. (2020). Jurnal Nawala Visual, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2.80