PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING USAHA AKOMODASI “BALITREES” RETREATS DI TABANAN

Authors

  • Dewa Ayu Putu Putri Aristya Dewi Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Arya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Kadek Adi Putra Wijaya Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Perancangan Ulang, Visual Branding, Media Komunikasi Visual, Usaha Akomodasi, Balitrees

Abstract

Balitrees merupakan sebuah usaha akomodasi penginapan, berjenis pondok wisata (cottage) sekaligus tempat retreats. Balitrees menawarkan penginapan ditengah alamnya yang indah dan tenang, serta menawarkan pengalaman kebudayaan Bali yang autentik dan terdapat kegiatan wellness tourism khususnya yoga dan meditasi. Meningkatnya jumlah pesaing baru dengan usaha serupa membuat visual branding Balitrees menjadi penting, untuk menjadi pembeda serta meningkatkan brand awareness di pandangan khalayak. Penerapan identitas brand pada media sebelumnya kurang konsisten, yang membuat visual branding-nya kurang kuat, sehingga perlu dilakukan perancangan ulang. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan, menginformasikan, dan mempromosikan Balitrees melalui pengembangan visual branding yang sesuai kaidah desain. Metode yang digunakan untuk perancangan ulang ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kepustakaan, dan penelusuran data online. Konsep desain yang digunakan dalam perancangan ini adalah “Peaceful and Nature of Bali”.  Adapun media komunikasi visual yang dibuat untuk menunjang visual branding Balitrees diantaranya logo, GSM, website, video company profile, signboard, stationery set (kop surat, amplop, stempel, pulpen, buku tamu), poster infografis, standing display informasi jadwal, booklet dan polo shirt. Dengan dibuatnya berbagai media dan dengan perencanaan yang baik maka hasil perancangan ulang visual branding dapat menjadi solusi atas masalah yang ada, lalu dapat membentuk citra yang positif, lebih mudah diingat, dan sesuai dengan karakter dari Balitrees.

References

“Berbasis Kearifan Lokal, Pemerintah Kembangkan Potensi Wellness Tourism”, (online),(https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/berbasis-kearifan-lokal-pemerintah-kembangkan-potensi-wellness-tourism/, 2022 (3 Februari 2023).

Meikassandra, Prilicia. Dkk. 2020. “Wellness Tourism in Ubud - A Qualitative Approach to Study the Aspects of Wellness Tourism Development”. Journal of Business on Hospitality and Tourism. 06 (01): 79– 93.

Soleh, Andi Muhammad, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SUSU KEDELAI MY SOYA." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 1-10.

“Retret”, (online), (https://kbbi.web.id/retret , 2023 (5 Februari 2023).

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Jeannie. Dkk. 2018. “Analisis Value, Attitude dan Lifestyle Konsumen Zara Pakuwon Mall Surabaya”. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Petra. 6 (2): 1-7.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Dewi , D. A. P. P. A., Putra, I. P. D. A., & Wijaya, I. K. A. P. (2024). PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING USAHA AKOMODASI “BALITREES” RETREATS DI TABANAN. Jurnal Selaras Rupa, 5(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1070