PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DHARMA NEGARA ALAYA “MODERN CREATIVE HUB” RUMAH KREATIVITAS KOTA DENPASAR

Authors

  • Putu Ayu Griselda Wirajaya Institut Desain & Bisnis Bali
  • Komang Angga Maha Putra Institut Desain & Bisnis Bali
  • GA Ayu Widiari Widyaswari Institut Desain & Bisnis Bali

Keywords:

Creative Hub, Perancangan Desain, Media Promosi

Abstract

Kota Denpasar telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Kota Kreatif Indonesia tahun 2019. Beragam inovasi dilakukan untuk mendukung Denpasar Kota Kreatif dan Kota Budaya. Pada akhir tahun 2019, Pemerintah Kota Denpasar juga meresmikan salah satu creative hub Kota Denpasar, Dharma Negara Alaya dengan penerapan ekosistem kreatif ABCG plus M yakni Academic, Business, Community, Government plus Media, namun belum banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat luas dikarenakan belum memiliki media promosi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang Desain Komunikasi Visual sebagai media untuk mempromosikan Gedung DNA kepada khalayak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, studi kepustakaan, kajian internet, dokumentasi, dan analisis target segmentasi pasar. Setelah dilakukan pengumpulan data, suatu brainstorming dibentuk dengan hasil konsep “Creative Spirit of Youth Colaboration” untuk membuat visualisasi rancangan media terpilih diantaranya, desain konten media sosial Instagram, videotron, visual email marketing, stationary, template poster kegiatan, desain kaos, desain sign, dan desain merchandise untuk DNA Creative Hub.

Downloads

Published

2020-12-22

How to Cite

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DHARMA NEGARA ALAYA “MODERN CREATIVE HUB” RUMAH KREATIVITAS KOTA DENPASAR. (2020). Jurnal Selaras Rupa, 1(2), 19-27. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/151