PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI MEGHA DECORATION DI DENPASAR
Keywords:
Dekorasi, Identitas Visual, Megha Decoration, PromosiAbstract
Megha Decoration merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa dekorasi balon untuk acara seperti pesta ulang tahun, grand opening, anniversary, baby shower, bridal shower, gender reveal, baptis, otonan, dan acara penting lainnya. Megha Decoration tergolong perusahaan yang masih merintis karena usia terbentuknya baru sekitar 1 (satu) tahun, yang didirikan oleh bapak Therry Damara pada tanggal 10 September 2022. Permasalahan yang saat ini ada di Megha Decoration dalam membangun bisnis/ usahanya adalah Megha Decoration belum memiliki identitas visual seperti logo perusahaan dan masih kurangnya media promosi yang efektif. Karena itu, perlunya membangun identitas visual terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pemilihan media yang tepat untuk mempromosikan usaha Megha Decoration. Adapun metode – metode penelitian yang digunakan antara lain metode observasi, metode wawancara, metode kepustakaan, metode dokumentasi, dan metode kajian internet. Dari data tersebut, ditemukan beberapa hal yang mendukung konsep dasar dalam pembuatan identitas visual dan media promosi Megha Decoration. Konsep dari pembuatan identitas visual dan media promosi Megha Decoration adalah “Meaningful Happiness”. Media promosi yang dibuat adalah logo & GSM (Graphic Standard Manual), video reels, konten sosial media, desain baju, gantungan kunci, invoice, kartu nama, pattern kertas kado, price list, sticker, totebag. Dengan adanya identitas visual dan media promosi yang tepat dan efektif, tentunya akan meningkatkan popularitas, kepercayaan, dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan di Megha Decoration.
References
Pratiwi, I. G. A. M. A. M. A. (2024). Analisis Pengaruh Faktor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Bali. Jurnal Ganec Swara, 18, 484–490. http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA
Azmi, I. M., Ghina, A., & Yuliana, E. (2017). Strategi Pengembangan Produk Baru Bisnis Party Partner New Product Development Strategy Of Party Partner. e-Proceeding of Management, 4, 1–6.
Srianis, K., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. e-Journal PG-PAUD, 2.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis, 9, 468–476.
Janamarta, S. (2020). PEMETAAN KONSUMEN MITRA10 PASAR BARU TANGERANG DARI SISI SEGMENTASI PSIKOGRAFIS. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2. https://ejournals.umma.ac.id/indeks.php/point
Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3, 486–492. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.442
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.