PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SARANA EDUKASI PEMAHAMAN MATEMATIKA DASAR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS DUA DI DENPASAR BARAT
Keywords:
matematika dasar, buku cerita bergambar, edukasiAbstract
Pendidikan matematika dasar di tingkat dasar merupakan fondasi penting dalam membentuk pemahaman konsep-konsep dasar yang diperlukan untuk pengembangan kemampuan berpikir logis dan analitis anak-anak. Khususnya di kelas 2 sekolah dasar, anak-anak sedang mengalami tahap kritis dalam pembelajaran matematika dasar, di mana konsep-konsep dasar seperti penjumlahan, pengurangan, dan pemahaman dasar tentang pola-pola matematika diperkenalkan dengan lebih mendalam. Namun, dari hasil penelitian yang dilakukan di sekolah dasar menunjukkan bahwa sebagian siswa mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami materi tersebut. Faktor-faktor seperti kurangnya minat, kebosanan, dan keterbatasan pemahaman konsep menjadi tantangan utama dalam mengajar matematika dasar kepada siswa sekolah dasar kelas 2 di Denpasar Barat. Minimnya media edukasi yang menggunakan konsep matematika dasar yang menarik menjadi salah satu faktor utama dalam masalah ini. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya, data primer berupa observasi terhadap buku yang ada saat ini, wawancara terhadap guru maatematika, serta kuisioner terhadap siswa dan siswi sekolah dasar kelas 2 di Denpasar Barat, serta data sekunder berupa dokumentasi dan penelusuran data online. Berdasarkan data tersebut, penulis menggunakan gaya kartun sebagai media untuk menyampaikan pemahaman matematika dasar melalui buku cerita bergambar. Kemudian dengan menyesuaikan target pasar dan teori desain yang digunakan, maka media yang dirancang adalah buku cerita bergambar, packaging, media sosial, x-banner, kaos, pembatas buku, gantungan kunci, dan totebag.
References
Ayres, P. 2021. Enhancing Learning with Visuals: The Role of Multimedia in Education. Journal of Educational Psychology, 115(3), 412-426
Demeria Anne. 2012. Designer Handbook Dalam Produksi Cetak dan Dignal Printing, Jakarta: Link Match Graphic
Firmah, Maria 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual, Yogyakarta Deepublish
Ganea, P. A., Bloom - Pickard, M., & DeLoache, J. S. (2008). Transfer between picture books and the real world by very young children. Journal of Cognition and Development, 9(1), 46-66.
Putra. Refaldo Deka Octava. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas IV, 46 – 52.
Trimansyah, B. (2020). Panduan penulisan buku cerita anak. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.