PERANCANGAN BRANDING DAN MEDIA PROMOSI INTERAKTIF TINYCOCOA STUDIO BERBASISKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI DENAPASAR

Authors

  • Kelvin Octavianus Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Kadek Adi Adi Putra Wijaya Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Perancangan, Branding, Media Promosi, Interaktif, TinyCocoa Studio, Augmented Reality

Abstract

Industri kreatif adalah salah satu sektor yang berkembang pesat dan memberikan dampak signifikan pada perekonomian global, seperti ilustrasi dan animasi dalam industri kreatif yang memiliki peran penting dalam pengembangan budaya dan ekonomi. Dalam hal ini, TinyCocoa Studio hadir untuk menjadi bagian dari kontribusi sektor kreatif tersebut. Namun, kurang kuatnya identitas visual memerlukan TinyCocoa Studio untuk mengembangkan branding dan media promosi mereka. Maka dari itu, diperlukan strategi dalam pengembangan branding dan media promosi sehingga dapat meningkatkan kesadaran merek pada audiens. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, disertai dengan kajian kepustakaan dan internet, serta dokumentasi. Setelah dilakukan analisis dan didapatkan target pasar, maka media-media yang dirancang adalah filter game Instagram, logo dan GSM, konten sosial media, beserta x-banner, character standee, poster, kartu nama, stempel, merchandise, dan booth. Ilustrasi berbasiskan digital dengan gaya whimsical, lalu dipadukan kombinasi warna dan bentuk yang eksentrik serta tipografi playful dan dinamis menyesuaikan konsep "Joyful Whimsy". Telah disimpulkan bahwa penulis ingin merancang media yang mendukung identitas visual TinyCocoa Studio untuk meningkatkan kehadiran dan keterlibatan merek.

References

Diakses 15 Mei 2024. Pukul 19.34. https://nasional.okezone.com/read/2015/08/21/337/1200484/inspirasi-adit-sopo-jarwo-di-tengah-serbuan-asing

Diakses 15 Mei 2024. Pukul 18.28. https://clickup.com/blog/promotion-strategy/

Diakses 15 Mei 2024. Pukul 16.32. https://wearearise.com/a-bad-social-presence-can-hold-your-business-back

Diakses 15 Mei 2024. Pukul 15.58. https://blog.hubspot.com/marketing/benefits-high-quality-content-consistency-brand

Yasa, S., Savitri, A. A. I. C., & Sudiarsa, I. K. (2024). GOTRUNYAN-ART: Inovasi Media Pengenalan Budaya Lokal Daerah Trunyan, Kintamani Bangli Berbasis Teknologi Augmented Reality. Prosiding Pekan Ilmiah Universitas Mahasaraswati Denpasar, 45-46

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

PERANCANGAN BRANDING DAN MEDIA PROMOSI INTERAKTIF TINYCOCOA STUDIO BERBASISKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI DENAPASAR. (2025). Jurnal Selaras Rupa, 6(1), 37-46. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1575