PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI NOOL UPCYCLED DI DENPASAR & BADUNG
Keywords:
upcycle, sustainable, media promosi, identitas visualAbstract
Nool merupakan sebuah brand yang memproduksi barang-barang upcycled berupa totebag, dompet, pouch, dan bucket bag. Disamping memproduksi barang upcycled, Nool juga memberikan awareness mengenai dampak limbah plastik dan kain perca serta mengedukasi masyarakat bahwa limbah dapat diolah kembali menjadi suatu barang yang bernilai. Untuk lebih memperkenalkan produk di tengah masyarakat khususnya daerah Denpasar & Badung, diperlukan adanya identitas visual dan media promosi yang tepat. Tahapan dalam perancangan identitas visual dan media promosi yang tepat untuk Nool Upcycled dimulai dari proses mendesain, brainstorming, skema pola perancangan, moodboard, pembuatan desain referensi, pembuatan skema media utama, pembuatan skema media pendukung, pembuatan desain prototype, sehingga menghasilkan media utama dan media pendukung untuk memberikan identitas visual dan mempromosikan brand Nool Upcycled. Adapun beberapa media perancangan yang ditujukan sebagai media promosi kepada masyarakat berupa perancangan Logo, pembuatan Graphic Standard Manual, pembuatan Video Company Profile, serta beberapa media penunjang seperti kemasan, E-Catalogue produk, konten media sosial, T-banner, T-shirt team, dan stationery. Konsep yang sesuai untuk perancangan identitas visual dan media promosi Nool Upcycled tersebut terdapat keywords yaitu Environmental Friendly, Simple, Sustainable, Fun dan Clean. Dari keywords tersebut terwujudlah sebuah konsep yaitu Simple & Fun Sustainability. Secara keseluruhan Simple & Fun Sustainability mengarah pada menjaga keberlanjutan lingkungan yang mudah dan menyenangkan.
References
Astor, Li Po Lam. Mei 2006. Lifestyles and Adoption of 3G Services in Hongkong. 23 Maret 2018.
Balipartnership.com. 2023. “Tentang Platform Bali Partnership”. Diakses Pada 15 Januari 2024 https://www.balipartnership.org/id/about/.
Budi Sulistiyo Nugroho, Abdul Samad Arief, Firdaus Yuni Dharta, Ni Kadek Suryani, Setyo Utomo, 2022, Model Corporate Social Responsibility dalam Penanganan Komunikasi Krisis selama Pandemi Covid-19 di Indonesia, Jurnal Komunikasi Profesional, Vol 6, No.2 pp; 129-138
Djawad, Alimuddin A. 2019. Pesan, Tanda, dan Makna dalam Studi Komunikasi. Statistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 96.
Firdaus dkk. (2023). Knowledge Sharing dan Pemberdayaan Wanita Melalui Upcycle Limbah Bernilai Ekonomis Di Sidoarjo. (Volume 7, Nomor 2, Hlm 147).
INSWA id. Fenomena Sampah Plastik di Indonesia. Diakses pada 23 Mei 2024. https://inswa.or.id/fenomena-sampah-plastik-di-indonesia/
Juliana. (2016). PERANCANGAN BUSANA DENGAN MOTIF BURBERRY MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP CS3. (Vol 23 No. 1, Hlm 53).
Kompas id. ”Slow Fashion” Dapat Kurangi
Limbah Industri Tekstil. 2023. diakses pada 20 Mei 2024. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/04/16/gaya-hidup-alternatif-dapat-mengurangi-dampak-lingkungan
Maryana dkk. (2023). Pemanfaatan Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Sebagai Alternatif Peluang Usaha Di Gampong Baroh Blang Rimueng. (Vol. 4 No. 3, Hlm. 278).
Sasoko, Deradjat Mahadi & Mahrudi, Imam. (2023). TEKNIK ANALISIS SWOT DALAM SEBUAH PERENCANAAN KEGIATAN. (Hlm. 9).
Suprapto. (2019). ANALISA STRATEGI KREATIF PENDEKATAN UNIQUE SELLING PROPOSITION DALAM IKLAN NISSAN 4x4S. (Vol. 2, Hlm. 59).
Ni Kadek Suryani, Luh Komang Candra Dewi, John EHJ. Foeh. 2021. Business Creation Through Creativity and Innovation Among Students, Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol. 8, No.2 (December) 2021: 225-236 https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/minds/article/view/20981
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.