PERANCANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK WIDHYA LAKSMI
Keywords:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Anak-anak Usia Dini, ceriaAbstract
Media pembelajaran video animasi adalah salah satu bentuk media pembelajaran audio visual yang menggunakan animasi untuk menyampaikan informasi, konsep, dan keterampilan kepada siswa. Dengan kurangnya minat belajar dalam diri anak-anak TK Widhya Laksmi maka dibutuhkanlah sebuah media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar anak-anak TK Widhya Laksmi. Terdapat media Video Animasi yang berjenis Motion Graphic yang dipilih dan dibuat untuk membantu anak-anak TK Widhya Laksmi, dengan topik pengenalan hewan-hewan yang akan membuat anak-anak TK semakin tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Adapun konsep “ Ceria Belajar Masa Kini” yang diterapkan dalam desain perancangan Video Animasi ini di mana pembelajaran di kelas akan merasa ceria dan menyenangkan. Terdapat beberapa media yang akan dirancang selain Video Animasi meliputi Flashcard, Poster, Pin Bros, Sticker, Gantungan Kunci, Topi Karakter, Mini XBanner, dan Stand Mascot
References
Gabriel, N. :, & Surya, C. (2022). PENGANTAR KARYA TUGAS AKHIR STUDIO PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALKITAB UNTUK JEMAAT GEREJA GKII GERIZIM.
Apriansyah, M. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Pakpahan, A., & Zpalanzani Mansoor, A. (2021). ANALISIS PRINSIP MOTION GRAPHIC PADA VIDEO “THE GENIUS OF MARIE CURIE.” In Jurnal Komunikasi Visual Wimba (Vol. 12, Issue 2).
Nurrohmatuddin, A. (2020). PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI CV ARDATA MEDIA.
Iswari, A. P., Sunarsih, E. S., & Tamrin, A. G. (2017). Student Civil Engineering Education FKIP UNS 2 Lecturer Civil Engineering Education FKIP UNS 3 Lecturer Civil Engineering Education FKIP UNS 2 THE COMPARISON ON RESULT OF LEARNING BETWEEN USING CONVENTIONAL LEARNING MODEL AND TEAM ACCELERATED INSTRUCTION SUBJECT DRAWING BUILDING CONSTRUCTION IN CLASS X TGB SMKN 2 SURAKARTA.
Nyoman, I., Sutrisna, D., Putu, L., Damayanthi, E., Artana, K. R., & Wahyuni, D. S. (2014). PENGEMBANGAN MODUL AJAR PEMBUATAN STORYBOARD BERBASIS METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SAWAN. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 3(7).
Kristen Petra, U. (2018). Studi Hermeneutik: Desain Layout Buku Biografi Merry Riana. 18, 1–7.
Azmi, M. U. (n.d.). PENGGUNAAN UNSUR WARNA SEBAGAI CITRA DESAIN PADA BANGUNAN.
Aminah, S. (2019). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.