PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN AKSARA BALI BAGI ANAK KELAS 3 SD DI BALI

Authors

  • Komang Dea Sofie Wardiani Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Putu Emilika Budi Lestari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Kadek Suryani Institut Desain dan Bisnis Bali
  • A.A. Ngurah Bagus Kesuma Yudha Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Flashcard, Aksara bali, Pembelajaran, Media Pendidikan, Siswa Kelas 3 SD

Abstract

Pendidikan merupakan elemen krusial dalam pembentukan kualitas bangsa, yang tidak dapat dipisahkan dari budaya. Pengajaran bahasa daerah menjadi esensial dalam mempertahankan identitas budaya lokal. Revitalisasi Bahasa Daerah, seperti yang dilakukan di Bali dengan mata pelajaran Bahasa Bali, adalah upaya untuk melestarikan dan mengenalkan kekayaan budaya kepada generasi muda. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk kompleksitas pembelajaran aksara Bali, kurangnya minat anak-anak, serta kekurangan guru berkualifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang flashcard sebagai media pembelajaran aksara Bali yang menarik dan efektif bagi siswa kelas 3 SD di Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode data primer yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan metode pengumpulan data sekunder kepustakaan, dokumentasi dan kajian internet. Media yang dirancang dalam penelitian ini adalah Flashcard, Maskot, Kemasan sebagai media utama. zine, roll-banner, konten media sosial, poster, gantungan kunci dan tas serut sebagai media pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flashcard memberi pengaruh yang baik dan efektif terhadap minat belajar aksara Bali melalui media flashcard yang inovatif, serta berkontribusi pada pengembangan produk edukatif yang memiliki potensi komersial. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya mendukung pendidikan dasar tetapi juga berimplikasi pada pasar pendidikan melalui produk pembelajaran yang menarik dan efektif.

References

Hendriyanto. (2022, Februari 23). Merevitalisasi Bahasa Daerah Agar Tidak Punah. Mendikbud.

Berita Update. (2023, Desember 16). Karakteristik Perkembangan Siswa Kelas 3 SD. Kumparan.Com.

Tirtonegoro, S. (2023, May 23). Mengatasi dan Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak. Kemenkes .

Putu, N., Sanjiwani, W., Komang Sukraandini, N., Gusti, I., Putu, A., Laksmi, S., Studi, P., Program, K., Stikes, S., & Medika Bali, W. (n.d.). The Use Of Gadgets And Decreased Concentration Of Learning In School-Age Children.

Rosita, A. (n.d.). PENTINGNYA MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH DALAM KURIKULUM SEKOLAH DASAR DALAM EKSISTENSI BUDAYA BANGSA.

Gusti, I., Alit, N., Putra, B., & Ekonomi, J. P. (2017). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEUNGGULAN PADA UD. KACANG SARI DI DESA TAMBLANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9, 397–407.

Mujaddid, U. N. (2022). HUBUNGAN SEGMEN VALUE AND LIFESTYLE (VALS).

Ni Kadek Suryani, Luh Komang Candra Dewi, John EHJ. Foeh. 2021. Business Creation Through Creativity and Innovation Among Students, Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol. 8, No.2 (December) 2021: 225-236 https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/minds/article/view/20981

Budi Sulistiyo Nugroho, Abdul Samad Arief, Firdaus Yuni Dharta, Ni Kadek Suryani, Setyo Utomo, 2022, Model Corporate Social Responsibility dalam Penanganan Komunikasi Krisis selama Pandemi Covid-19 di Indonesia, Jurnal Komunikasi Profesional, Vol 6, No.2 pp; 129-138

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN AKSARA BALI BAGI ANAK KELAS 3 SD DI BALI. (2025). Jurnal Selaras Rupa, 6(1), 71-79. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1581