PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI UD. DANA KERIS DI BALI

Authors

  • Ida Bagus Made Adi Saputra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Arya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Jaya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

warangka, keris, identitas visual, promosi

Abstract

Keris merupakan salah satu warisan kebudayaan Nusantara yang diakui

dunia. Beragam aspek kehidupan masyarakat Bali (terutama yang beragama Hindu) sangat terkait dengan keberadaan keris. Selayaknya manusia, keris juga memerlukan busana yaitu warangka (saung). Warangka sendiri berfungsi selain untuk melindungi wilah (bilah) keris juga berperan sebagai pakaian yang memberikan citra kepada keris itu sendiri. Saat ini masih terdapat beberapa pengrajin warangka keris di Bali salah satunya UD. Dana Keris. Selain menjadikan warangka keris sebagai produk utama yang dijual, Dana Keris juga menerima pesanan bilah keris yang Dana Keris impor langsung dari Madura. Dana Keris dikenal dengan hasil warangkanya yang berkualitas dengan ilmu yang diturunkan secara turun-temurun sejak 1977, karakter warangka yang disukai pelanggannya, dan juga pengetahuannya yang mumpuni di bidang keris sehingga cocok bagi mereka yang ingin memulai hobi di bidang keris. Meski dengan kualitas, kemampuan yang mumpuni, serta citra yang dimiliki, namun UD. Dana Keris hingga saat ini hanya mengandalkan promosi secara mulut-kemulut saja sebagai pemasukan utama. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk memberikan solusi berupa pembuatan identitas visual dan media promosi berjudul Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi UD. Dana Keris di Bali. Metode yang digunakan antara lain; observasi, wawancara, kepustakaan, penelusuran data online, serta dokumenter. Dari hasil data tersebut, yaang dilakukan adalah brainstorming, pencarian moodboard, dan desain refrensi. Konsep yang didapat dari proses tersebut adalah “Warisan Nusantara”, dimana desain yang dibuat memiliki nilai; tradisional, elegan dan filosofis. Diharapkan dengan adanya perancangan identitas visual dan media promosi ini, dapat memberikan, meningkatkan citra serta menambah daya dan nilai jual UD. Dana Keris.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI UD. DANA KERIS DI BALI. (2021). Jurnal Selaras Rupa, 2(2), 130-140. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/290