PERANCANGAN BUKU EDUKASI TERRARIUM MINI GREENHOUSE DI KABUPATEN BADUNG

  • Shan Immanuel Wijaya Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Gede Pasek Putra Adnyana Yasa Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Gede Jaya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Abstract

Adanya pandemi virus corona di Pulau Bali, masyarakat melakukan banyak hobi baru yang positif salah satunya dengan memelihara tanaman hias. Mensimulasi alam nyata seperti ekosistem hutan, ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem gurun atau padang pasir, ekosistem taman dan menjadikannya miniatur yang bisa diletakkan didalam ruang rumah atau kantor merupakan suatu hal yang menarik. Terarium adalah teknik menanam tanaman di dalam wadah kaca yang menciptakan nilai estetik dan karya seni visual yang indah. Perancangan buku edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar terarium, cara menanam dan merawat.  Penelitian yang dilakukan menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, pencarian data pada buku dan internet. Teori yang digunakan dalam perancangan diantaranya teori layout, warna, ilustrasi, tipografi, teks, kemasan, dan cetak. Adapun media yang terpilih dari perancangan yaitu media buku edukasi, kemasan buku, contoh model terarium, situs web, media sosial Instagram, spanduk gulung, infografis, poster berseri, kemasan alat bertanam, kemasan wadah kaca dan kupon diskon. Dari perancangan ini dapat disimpulkan bahwa buku edukasi "Terrarium Mini Greenhouse" dengan konsep "Artificial of Nature" akan menunjukkan bagaimana mencapai solusi dari permasalahan pada masyarakat Bali khususnya kaum urban di Kabupaten Badung. Dalam membuat terarium masyarakat juga mendapatkan manfaat yaitu dapat memberikan nilai estetik pada ruangan sehingga menjadi menarik, selain itu dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan, meningkatkan kreativitas, sebagai peluang bisnis masyarakat dimasa pandemi ini yang dimana masyarakat banyak yang dirumahkan serta meningkatkan produktivitas dan kesabaran.

References

Anggraini S, Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar- Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia.

Kristiani, Anie. 2008. Membuat Terarium; Dari Hobi Menjadi Bisnis. Jakarta : Agro Media.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Koentjaraningrat. 1983. “Metode-metode penelitian masyarakat” . Gramedia

Roestiyah N.K, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Santoso, Bambang B. 2010. Pengantar Budidaya Tanaman Hias dan Bunga. Jakarta :Fakultas Pertanian Program Studi Hortikultura, 2010), hal. 4.

Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi.

Published
2022-05-21
How to Cite
Wijaya, S. I., Adnyana Yasa, G. P. P., & Jaya Putra, G. (2022). PERANCANGAN BUKU EDUKASI TERRARIUM MINI GREENHOUSE DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal Selaras Rupa, 3(1), 36-47. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/376