PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MEJA KERJA PHOTO BOOTH DI DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Putri Anandani Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Ary Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Jaya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

meja kerja, photo booth, media, design

Abstract

Melihat tingginya tingkat kegemaran masyarakat mengabadikan foto bersama, kini penyedia jasa photo booth semakin berkembang di pasaran, seperti salah satunya usaha penyedia photo booth yakni Meja Kerja Photo Booth yang memiliki keunikan dengan memberikan jasa gratis desain custom template serta menghadirkan layanan baru yaitu paket roaming photo booth. Meski memiliki peluang dan potensi yang cukup besar, Meja Kerja Photo Booth memiliki tantangan untuk memperkenalkan jasanya lebih luas lagi kepada masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, penulis membantu Meja Kerja Photo Booth dalam merancang media promosi yang tepat dan efektif serta mengoptimalkan kembali media promosi yang sudah ada agar menambah nilai branding Meja Kerja Photo Booth. Perancangan media diawali dengan identifikasi masalah, pengumpulan data serta teori penunjang yang dianalisa untuk mendapatkan solusi serta strategi dalam menciptakan media promosi. Berdasarkan hasil analisa, didapatkan bahwa media yang efektif untuk membantu promosi Meja Kerja Photo booth yakni Konten Instagram, Video Promosi, Booklet, Flyer, Voucher, Pricelist, Merchandise, Frame paper Template, Stationery, serta Uniform. Media dirancang menggunakan konsep yang didapat melalui brainstorming yaitu Golden Memories, dengan menggunakan gaya visual romantic dan contemporary modern pada setiap media promosi. Dengan perancangan media promosi yang baru diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan meningkatkan nilai jual dari Meja Kerja Photo booth.

References

[1] Sarwono, Jonathan dan Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

[2] Fatimah, Dwi Nur'aini. 2020. Teknik Analisis SWSOT. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia.
[3] http://www.strategicbusinessinsights.com/vals/ustypes/experiencers.shtml, diakses pada 14 April 2022, pukul 23.00 WITA.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Anandani, N. K. P., Putra, I. P. D. A., & Putra, I. G. J. (2022). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MEJA KERJA PHOTO BOOTH DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 3(2), 9–15. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/493