PERANCANGAN BUKU ENSIKLOPEDIA VISUAL ”HOW MUCH PASTA IS TOO MUCH PASTA?” DENGAN KONSEP “NATURAL STRUCTURE”

Authors

  • Rani Ayu Rahmadani Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Made Arini Hanindharput Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Putu Emilika Budi Lestari Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Buku Ensiklopedia Visual, Populer, Inovasi, Pasta

Abstract

Pasta telah menjadi makanan pengganti mie dan nasi karena mudah dicari, praktis, dan dapat dengan mudah diolah sendiri di rumah. Hingga saat ini, pasta sangat mudah ditemukan di pasaran maupun di tempat makan atau restoran. Pasta merupakan salah satu makanan yang berasal dari negara Italia. Dengan mencampurkan tepung terigu, air, telur, dan sedikit garam dapat menghasilkan olahan dasar pasta yang dapat dibentuk dan dimasak dengan berbagai macam jenis dan variasi. Dengan kepopuleran pasta di Indonesia dan banyaknya inovasi dari pasta tersebut, tentu saja dibutuhkan suatu media yang dapat mengkaji topik tersebut secara lengkap. Namun pada kenyataannya masih sangat sulit untuk menemukan media tersebut. Untuk membuat pengkajian topik pasta yang menarik, penulis merancang sebuah buku ensiklopedia visual dan media pendukungnya. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Media pendukung yang dirancang berupa packaging, konten media sosial instagram, poster, postcard, bookmark, sticker set, x-banner, dan tote bag. Perancangan buku ensiklopedia visual dan media pendukungnya penulis harapkan dapat memperluas pengetahuan masyarakat tentang pasta secara menarik.

References

[1] Anggraini & Nathalia, Kirana. 2018. Desain Komunikasi Visual; Dasar- Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
[2] Pratama, I. Gede Yudha, Muhammad Bahruddin, and Darwin Yuwono Riyanto. Penciptaan Buku Pop-up Mesatua Bali Berjudul “I Lubdhaka” Dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Diss. Universitas Dinamika, 2016.
[3] Pratama, I. TA: Penciptaan Buku Pop-up Mesatua Bali Berjudul" I Lubdhaka" Dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Diss. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2015.
[4] Fitria, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.
[5] Prajarini, Dian. 2020. Media Sosial Periklanan - Instagram. Yogyakarta: Deepublish.
[6] Putra, Ricky W. 2020. Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
[7] Rustan, Susianto. 2009. LAYOUT, Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[8] Santoso, Agus Wibowo Setyo Budi, Santosa, Oriza Ayu Stivana. 2019. “Trend Wisata Kuliner Halal Melalui Olahan Produk Pasta”. Jurnal Media Wisata, 17 (1).

Downloads

Published

2023-05-21

How to Cite

Ayu Rahmadani, R., Arini Hanindharput, M., & Emilika Budi Lestari, N. P. (2023). PERANCANGAN BUKU ENSIKLOPEDIA VISUAL ”HOW MUCH PASTA IS TOO MUCH PASTA?” DENGAN KONSEP “NATURAL STRUCTURE”. Jurnal Selaras Rupa, 4(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/620