PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI TANAMAN HIAS PLATYCERIUM TOKO PLATYNESIA DI GIANYAR

  • I Putu Nugraha Pertama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Maha Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Wayan Gede Budayana Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: platynesia, platycerium, desain, media

Abstract

Melihat minat masyarakat yang semakin meningkat menjadikan jumlah usaha tanaman hias platycerium semakin bertambah khususnya di Gianyar, seperti salah satunya usaha tanaman hias platycerium yakni Platynesia yang memiliki beragam jenis tanaman hias platycerium mulai digunakan sebagai tanaman hias, bahan dekorasi, sumber penghasilan dan indikator kualitas udara. Meski memiliki peluang dan potensi yang cukup besar Platynesia memiliki tantangan untuk memperkenalkan tanaman hias platycerium kepada masyarakat. Berdasarkan hal tersebut penulis membantu Platynesia dalam merancang media promosi yang menarik dan efektif untuk tanaman hias platycerium di toko Platynesia. Perancangan media diawali dengan identifikasi masalah, pengumpulan data serta teori penunjang yang dianalisis untuk mendapatkan solusi serta strategi dalam perancangan media promosi. Media yang efektif untuk membatu promosi Platynesia yakni Konten Sosial Media Instagram, Dekorasi Toko Platynesia, Papan Nama, Flyer, Merchandise, Voucher, Label Nama platycerium, T-shirt. Media dirancang menggunakan konsep  yang didapat melalui brainstorming yaitu “Beauty Platycerium In Nature”, dengan menggunakan gaya visual nuansa alam dan warna alami dari tanaman hias platycerium. Dengan perancangan media promosi yang baru diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan meningkatkan minat masyarakat terhadap tanaman hias platycerium dari toko Platynesia.

References

[1] Nafi'ah, Imroatun. Analisis SWOT dan Strategi Keunggulan Bersaing Pada BMT Artha Buana Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri: Penerbit Diss. IAIN Kediri, 2017.
[2] Jonathan, Sarwono dan Lubis Hary. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset, 2007.
[3] Purnami, Dewa Ayu Feby, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PROMOSI CLASSY HENNA DI BADUNG." Jurnal Selaras Rupa 2.2 (2021): 122-129.
[4] Salvira, Dandy, I. Gede Yudha Pratama, and Dewa Gede Purwita. "PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PROMOSI MEPANTIGAN BALI." Jurnal Selaras Rupa 3.1 (2022): 20-27.
[5] Solehah, Hizrohtul, and Agus Suryana. "PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI SARANA MEDIA PROMOSI BUDIDAYA TANAMAN HIAS BAPAK SUNYOTO DI PEKON AMBARAWA." Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat 2.4 (2021): 109-116.
[6] Hernawati, Ni Luh Yuni, Ni Wayan Nanadaryani, and I. Gede Yudha Pratama. "PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI KOPI SEMEJA DI BADUNG." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 35-44.
Published
2023-12-28
How to Cite
Pertama, I. P. N., Putra, I. K. A. M., & Budayana, I. W. G. (2023). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI TANAMAN HIAS PLATYCERIUM TOKO PLATYNESIA DI GIANYAR. Jurnal Selaras Rupa, 4(2), 65-72. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/770