RESPON KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PAKAIAN JADI HASIL MATA KULIAH PRODUKSI BUSANA INDUSTRI
DOI:
https://doi.org/10.35886/damoda.v6i1.704Keywords:
konsumen, produksi, busana IndustriAbstract
Produksi busana industri merupakan usaha busana yang dikerjakan secara massal atau dalam jumlah banyak, dengan sistem atau cara jahit yang berbeda dari Custom Made. Busana industri memiliki tempat sendiri dalam industri fesyen dengan harga yang lebih terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pakaian jadi; 2) mengetahui respon konsumen terhadap desain hasil pakaian jadi; 3) mengetahui respon konsumen terhadap kombinasi warna hasil pakaian jadi; 4) mengetahui respon konsumen terhadap motif hasil pakaian jadi; 5) mengetahui respon konsumen terhadap kualitas bahan hasil pakaian jadi. Metode penelitian yang digunakan adalah jejak pendapat terhadap 11 responden. Teknik pengambilan data dengan wawancara dilakukan kepada pihak konsumen tentang hasil produk, dengan hasil dari produk yang berhasil terjual ke tangan konsumen. Hasil penelitian ini adalah: 1) mata kuliah Produksi Busana Industri menghasilkan produk pakaian jadi berupa kemeja lengan pendek, daster, dan rok; 2) konsumen memberikan respon desain kemeja lengan pendek menarik (72,7%), desain daster menarik (45,5%), desian rok menarik (54,5%); 3) konsumen memberikan respon kombinasi warna kemeja lengan pendek menarik (54,5%), warna daster menarik (72,7%), warna rok sangat menarik (54,5%); 4) konsumen memberikan respon kombinasi pada kemeja menarik (81,8%); 5) konsumen memberikan respon baik terhadap kualitas bahan kemeja sebanyak (81,8%), kualitas produk daster 63,6%), dan respon baik terhadap kualitas hasil rok sebesar (63,6%).
Kata Kunci: konsumen, produksi, busana Industri
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Marganing Utami, Sri Emy Yuli Suprihatin, Putri Marganing Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.