RESPON KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PAKAIAN JADI HASIL MATA KULIAH PRODUKSI BUSANA INDUSTRI

Authors

  • Eka Liviana Oktaviani Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sri Emy Yuli Suprihatin Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Melem Anggun Lukita Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Syifa Fadhillah Masruroh Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mutiara Dhohiroh Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Putri Marganing Utami Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35886/damoda.v6i1.704

Keywords:

konsumen, produksi,  busana Industri

Abstract

Produksi busana industri merupakan usaha busana yang dikerjakan secara massal atau dalam jumlah banyak, dengan sistem atau cara jahit yang berbeda dari Custom Made. Busana industri memiliki tempat sendiri dalam industri fesyen dengan harga yang lebih terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pakaian jadi; 2) mengetahui respon konsumen terhadap desain hasil pakaian jadi; 3) mengetahui respon konsumen terhadap kombinasi warna hasil pakaian jadi; 4) mengetahui respon konsumen terhadap motif hasil pakaian jadi; 5) mengetahui respon konsumen terhadap kualitas bahan hasil pakaian jadi. Metode penelitian yang digunakan adalah jejak pendapat terhadap 11 responden. Teknik pengambilan data dengan wawancara dilakukan kepada pihak konsumen tentang hasil produk, dengan hasil dari produk yang berhasil terjual ke tangan konsumen. Hasil penelitian ini adalah: 1) mata kuliah Produksi Busana Industri menghasilkan produk pakaian jadi berupa kemeja lengan pendek, daster, dan rok; 2) konsumen memberikan respon desain kemeja lengan pendek menarik (72,7%), desain daster menarik (45,5%), desian rok menarik (54,5%); 3) konsumen memberikan respon kombinasi warna kemeja lengan pendek menarik (54,5%), warna daster menarik (72,7%), warna rok sangat menarik (54,5%); 4) konsumen memberikan respon kombinasi pada kemeja menarik (81,8%); 5) konsumen memberikan respon baik terhadap kualitas bahan kemeja sebanyak (81,8%), kualitas produk daster 63,6%), dan respon baik terhadap kualitas hasil rok sebesar (63,6%).

 Kata Kunci: konsumen, produksi,  busana Industri

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

RESPON KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PAKAIAN JADI HASIL MATA KULIAH PRODUKSI BUSANA INDUSTRI. (2024). Jurnal Da Moda, 6(1), 47-57. https://doi.org/10.35886/damoda.v6i1.704

Most read articles by the same author(s)