PENGENALAN RUANG DAN BENDA DI SEKITAR SEBAGAI MEDIA PENYELAMATAN DIRI SAAT TERJADI BENCANA GEMPA BUMI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1066Keywords:
Gempa bumi, anak, mitigasi, adaptasi, interiorAbstract
Gempa bumi merupakan salah satu bencana yang menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa. Dengan posisi geografis Indonesia yang berada di antara lempeng- lempeng besar, mengakibatkan gempa bumi kerap terjadi. Tidak kurang dari 100.000 gempa terasa setiap tahunnya, dengan mayoritas penyebab korban jiwa diakibatkan oleh rusaknya bangunan dan reruntuhan yang mengenai pengguna di dalamnya. Oleh karena itu pengetahuan dasar untuk menghindarkan diri dari dampak gempa bumi (mitigasi) serta Upaya menyesuaikan diri dengan kondisi pasca bencana (adaptasi) di masyarakat perlu disosialisaikan, khususnya bagi pengguna bangunan yang masuk dalam kategori rentan seperti anak- anak dan lansia. Pelatihan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 15 Palmerah, Jakarta Barat dengan para peserta terdiri dari guru kelas serta siswa kelas V. Tujuan dari pelatihan ini sendiri dimaksudkan untuk memberikan wawasan mengenai gempa dan tindakan mitigasi terhadap situasi bencana tersebut.
References
Boen Teddy, 1995. Earthquake Phenomena, two-day course on earthquake resistant design of buildings, Bangkok.
Dien, R. J., Lucky T, K., & Reginus T, M. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SMP Kristen Kakaskasen Kota Tomohon. Jurnal Keperawatan Volume 3 Nomor 2.
Firmansyah, I., Hanny, R., & Rondhianto. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor pada Remaja Usia 15-18 tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa
http://inarisk.bnpb.go.id/, data ditarik pada 30 Januari 2023 https://www.mtu.edu/, diakses 27 Januari 2023
https://bnpb.go.id/, diakses 27 Januari 2023
https://www.mtu.edu/, diakses 27 Januari 2023
Jin Cheng. Trajectories of PTSD symptoms among children who survived the Lushan earthquake: a four-year longitudinal study. Journal of Affective Disorders. 2019.
Nakamura, Y. (2005). Public health impact of disaster on children. JMAJ, 48(7), 377-384
Nur Hidayat dan Eko Widi Santoso. 1997. Gempa Bumi dan Mekanismenya. Jurnal Alami. Vol.2 no. 3
Rinta Tyas Puji Lestari, Tri Susilowati, Hermawati. 2020.Hubungan Pengetahuan Siaga Gempa Bumi dan Sikap Siswa terhadap Kesiapsiagaan di SD Negeri 2 Cepokosawit. GASTER Vol. 18 No. 2
Safitri Sri Handayani , Lupma Miftah Ul Izza Aziz , Zahra Hafizha Fitria Anam. 2019. PENANGGULANGAN TRAUMA PADA ANAK-ANAK KORBAN GEMPA BUMI. AL-IQRA MEDICAL JOURNAL: JURNAL BERKALA ILMIAH KEDOKTERAN. Vol. 2 No. 2, Agustus 2019, Hal. 81-87.
Salcioglu, E., & Basoglu, M. (2008). Psychological effects of earthquakes in children: prospects for brief behavioural treatment. Wold Journal Pediatrics, 4(3), 165-172. doi: 10.1007/s12519-008-0032-8.
Zurriyatun Thoyibah, Meidiana Dwidiyanti, Misroh Mulianingsih , Winda Nurmayani , Reza Indra Wiguna. 2019. Gambaran Dampak Kecemasan dan Gejala Psikologis pada Anak Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok. Journal of Holistic Nursing and Health Science Volume 2, No. 1, Juni 2019 (Hal. 31-38)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Chadijah, Nazilah Abdullah, Tika Hanjani, Fatimah Haaniyah, Putri Maulidya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.